PT Timah Sosialisasikan Program Pinjaman Modal Ke Pelaku Usaha

Kundur, beritakarimun.com – Guna mensejahterakan masyarakat, PT Timah Tanjung Balai Karimun Wilayah Operasi Kepri dan Riau menggelar Sosialisasi Dana Kemitraan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Aula Kantor Camat Kundur Barat, Selasa (8/5) pagi.

Sosialisasi tersebut melibatkan 250 peserta yang merupakan pelaku usaha yang mencakup Kecamatan Kundur Barat, Kecamatan Kundur dan Kecamatan Kundur Utara.

Kepala Unit Metalurgi Wilayah Operasi Kepri dan Riau, Wiyono dalam sambutannya mengatakan, pihaknya menggelar sosialisasi tersebut guna memperkenalkan kepada pelaku usaha terhadap Dana Kemitraan UMKM yang merupakan salah satu program PT. Timah untuk mensejahterakan masyarakat sekitar wilayah operasionalnya.

“Kita bermaksud ingin menyampaikan langsung kepada pelaku usaha di Pulau Kundur terhadap program yang ada di perusahaan kita, sehingga para pelaku usaha merasakan kehadiran perusahaan kita di tengah masyarakat, ini bertujuan untuk menambah modal usaha dan membeli peralatan usaha,” ungkap Wiyono.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas PT Timah (Persero) TBK Wilayah Operasional Kepri dan Riau, Alfriano Putra menambahkan, sosialisasi yang dilakukan tersebut guna memberikan pemahaman terhadap pelaku usaha terhadap dana bergulir yang merupakan pinjaman modal usaha dari PT. Timah untuk meringankan para pelaku usaha untuk menciptakan suatu usaha yang dapat membantu perekonomian.

“Dana bergulir pinjaman modal usaha ini setiap tahun dilakukan, program ini sudah kurang lebih 5 tahun berjalan guna membantu perekonomian para pelaku usaha yang berada di wilayah operasional kita, untuk tahun ini kita baru mencairkan 1,2 miliar di semester pertama dari Januari hingga maret. Untuk semester kedua dari April hingga Juni akan kita survei kembali sesuai ketentuan yang berlaku, namun bantuan dana kemitraan ini kita berikan terhadap pelaku usaha yang sudah memiliki usaha minimal 3 bulan, kita memberikan suntikan dana untuk membantu kekuatan modal para pelaku usaha agar usaha yang digelutinya tetap berjalan dengan lancar,” ungkap Alfriano.

Alfriano mengatakan, pinjaman modal usaha yang diberikan oleh program PT Timah tersebut cukup meringankan para pelaku usaha karena bunganya rendah.

“Untuk pinjaman modal yang kita berikan cukup membantu meringankan para pelaku usaha, karena kita hanya memberikan bunga 3 persen pertahun. Pinjaman ini tidak hanya berlaku kepada pelaku usaha di Kundur saja, namun kita juga sudah pernah sosialisasikan program ini di setiap Kecamatan di Kabupaten Karimun hingga ke Meranti,” tutup Alfriano.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva