Melindungi Kabupaten Karimun, Masyarakat Tionghoa Gelar HUT Dewi Ma Co

Karimun, beritakarimun.com – Ratusan masyarakat Tionghoa Kabupaten Karimun meriahkan ulang tahun Dewi Penjaga Laut atau Dewi Ma Co dengan menggelar pawai budaya mengelilingi klenteng di sekitaran Karimun, Selasa (8/5) pagi.

Ketua panitia penyelenggara, Toto Wijaya mengatakan, pawai yang ia gelar bersama ratusan masyarakat tionghoa tersebut bertujuan memberikan penghormatan kepada sosok Dewi Penjaga Laut.

“Ini merupakan tahun kedua kita menggelar pawai bersama mengelilingi klenteng-klenteng di Karimun, Dewi punya niat 3 tahun berturut-turut mau meramaikan jalan untuk mengambil barang-barang tidak bagus di Kabupaten Karimun seperti setan dan hantu guna menjaga masyarakat Kabupaten Karimun,” ungkap Toto saat dikonfirmasi, Selasa (8/5) pagi.

Menurut Toto, pawai mengelilingi klenteng-klenteng tersebut guna memberikan suatu penghormatan kepada leluhur mereka.

“Kita start dari Kelenteng Toa Pek Kong yang berada di Kangkong Jalan Anthena Kecamatan Meral, kemudian berjalan kaki menuju Kelenteng Ma Co yang berada di Meral Kota, setelah itu kita pawai menggunakan kendaraan menuju Klenteng yang ada di Bati, meski di Klenteng Bati tidak ada Ma Co, namun kita tetap memberikan suatu penghormatan, kemudian kita beramai-ramai menuju klenteng yang ada Dewi Ma Co juga milik Yayasan Marga Lim di Pasar Malam Kelurahan Balai Kota. Setelah memberi penghormatan disana, kita langsung menuju klenteng yang ada di Baran dan kemudian kembali lagi ke Klenteng Toa Pek Kong,” jelas Toto.

Kemeriahan yang digelar oleh masyarakat Tionghoa Kabupaten Karimun tersebut terlihat berwarna dengan menggunakan kostum merah serta penuh semangat menampilkan beberapa atraksi yang diperlihatkan oleh mereka saat sedang berjalan menelusuri wilayah Kelurahan Meral Kota.

“Ini sebenarnya diperingati setiap tahun pada tanggal 23 bulan 3 Imlek (bertepatan dengan Ulang Tahun Ma Co), didalam pawai ini juga ada yang melakukan atraksi dengan menggunakan berbagai kostum Dewa. Tahun ini sangat meriah, semoga seluruh masyarakat Kabupaten Karimun selalu dilindungi dan selalu harmonis,” tutup Toto.

 

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva