8 Jenis Berkas Diamankan Polisi Dari Kantor DPRD Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Tim Macan Hitam Satreskrim Polres Karimun melakukan penggeledahan terhadap 8 macam berkas dari Kantor Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) Kabupaten Karimun, Senin (07/05) siang.

Penggeledahan yang langsung dipimpin oleh Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polres Karimun AKP Lulik Febyantara SIK tersebut sudah berdasarkan izin dari Pengadilan Negeri Karimun.

“Penggeledahan yang kita lakukan ini dasarnya sudah memiliki izin dari Pengadilan, ini merupakan penyidikan kita yaitu dugaan tindak pidana korupsi berupa kegiatan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) yang tidak terbayarkan kepada pelaksana kegiatan tahun 2016,” ungkap AKP Lulik kepada beritakarimun.com.

AKP Lulik mengatakan, sebelum melakukan penggeledahan terhadap berkas yang asli, terlebih dahulu pihaknya sudah mengantongi berkas fotocopyannya.

Baca Juga: 1 Jam Kantor DPRD Kabupaten Karimun Digeledah Polisi

“Sebelumnya kita memang sudah kantongi berkas-berkas tersebut, namun masih dalam bentuk fotocopy saja. Karena ini berupa penyelidikan yang sudah naik ke tingkat penyidikan, mau tak mau kita harus melakukan penyitaan ke berkas aslinya. Kemaren ada keterangan yang menyatakan bahwasanya berkas tersebut masih dipegang dengan pejabat yang lama dan sudah kita gelarkan sehingga kegiatan penggeledahan ini sangat perlu kita lakukan dan sebagian besar sudah kita temukan data-data aslinya,” jelas AKP Lulik.

Sesuai penetapan pengadilan juga, AKP Lulik mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan terhadap 8 macam berkas yang diperlukan untuk dilakukan pemeriksaan.

Baca Juga: Wakil Ketua I DPRD Karimun Angkat Bicara Soal Penggeledahan

Ada 8 jenis berkas yang kita kumpulkan sesuai yang telah ditetapkan oleh pengadilan, salah satunya buku kas umum terkait Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) tahun 2016, dan ada beberapa data lainnya lagi, nanti kita lakukan pemeriksaan dulu,” ujar AKP Lulik.

AKP Lulik juga mengatakan, 8 macam berkas tersebut berhasil dikumpulkannya dari 3 buah ruangan yang ia bersama anggotanya geledah.

“Tadi kita lakukan penggeledahan pada tiga ruangan saja, yaitu ruangan keuangan, ruang risalah dan ruangan sekretariat,” tutup AKP Lulik.

Menurut pantauan reporter beritakarimun.com, penggeledahan tersebut dimulai sejak pukul 10.00 Wib. Usai mengumpulkan berkas-berkas yang dibutuhkan sebanyak kurang lebih 8 box berukuran besar, Tim Macan Hitam Polres Karimun meninggalkan Kantor DPRD Karimun sekira pukul 15.30 Wib.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva