Wow, Bunga Bangkai Tumbuh di Kundur Kabupaten Karimun

Kundur, beritakarimun.com – Bunga Rafflesia Arnoldi atau Bunga Bangkai yang telah dinobatkan sebagai salah satu bunga Nasional Indonesia yang selama ini hanya tumbuh di Bengkulu, Jambi atau daratan Sumatera lainnya. Namun, ternyata tumbuh di belakang rumah warga Desa Sawang Selatan, Kecamatan Kundur Barat, Kabupaten Karimun Kepulauan Riau.

Tumbuhan eksotis nan langka ini memiliki banyak keunikan. Tidak memiliki daun, akar, atau pun batang seperti pada umumnya dan hidup menumpang pada tanaman inangnya. Tumbuhan yang juga seringkali disebut sebagai bunga bangkai karena aromanya yang seperti daging busuk ini terancam punah.

Tumbuhnya bunga langka berwarna ungu tersebut membuat heboh warga sekitar, bahkan Bupati Karimun Aunur Rafiq beserta rombongan yang mengajak serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup untuk mengunjungi lokasi tumbuhnya bunga itu. Aunur Rafiq meminta kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun, Eryadi untuk meneliti dan mengkaji jenis bunga bangkai yang tumbuh di Desa Sawang Selatang, Kecamatan Kundur Barat tersebut.

“Ada yang menarik ketika saya melaksanakan kunjungan kerja ke Kundur Barat kali ini. Kami menyempatkan mengunjungi tanaman Bunga Rafflesia Arnoldi atau Bunga Bangkai yang tumbuh di belakang rumah warga di Desa Sawang Selatan. Ini merupakan pengalaman pertama saya melihat langsung bunga Rafflesia ini, seminggu ini baru mekar di bagian bawah. Nanti, kita biarkan seminggu lagi akan mekar kembali. Saya sudah suruh Pak Camat untuk menjaganya dengan baik,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq, beberapa waktu lalu.

Bupati mengatakan, meski umur Bunga Rafflesia itu tidak lama, namun dengan pemeliharaan dan penjagaan yang baik oleh masyarakat disana, maka tentu saja informasi tumbuhnya Bunga Rafflesia di Karimun ini akan menjadi perhatian masyarakat luas dan tentu saja akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung ke Karimun.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva