Takut Pungli, Komite Sekolah Konsultasi ke Cabjari Tanjung Batu

Kundur,beritakarimun.com – Komite sekolah se-Kecamatan Kundur Mendapatkan Konsultasi hukum dari cabang Kejaksaan Negeri Tanjung batu guna Menghindari adanya praktek menyalahi aturan dalam penggalangan dana terhadap siswa, Selasa (10/4) di Aula SMP 1 Kundur sekira pukul 10.00 wib.

Kepala cabang Kejaksaan negeri Tanjung batu Aji Satrio Prakoso menjelaskan, dalam peraturan menteri pendidikan dan kebudayaan No 75 tahun 2016 pasal 10 ayat 1 dan 2 tentang Komite menegaskan, sebelum melakukan penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya dari masyarakat, komite sekolah harus menyiapkan sarana proposal yang diketahui oleh pihak sekolah sehingga dapat melaksanakan penggalangan yang bersifat bukan pungutan.

“Penggalangan dana dan sumber daya pendidikan lainnya dilakukan harus berbentuk bantuan dan atau sumbangan, bukan pungutan. Khususnya untuk perpisahan kelas,” ujar Aji, Selasa (10/4) sore kepada beritakarimun.com.

Aji juga mengatakan dalam hal ini komite dapat berperan sebagai pelaksana, sedangkan, sekolah hanya memfasilitasi penggalangan dana untuk mendapatkan bantuan atau sumbangan dari masyarakat.

“Prinsipnya Komite dapat berperan sebagai pelaksana, dan sekolah hanya memfasilitasi untuk mendapatkan bantuan yang memang sifatnya bukan pungutan,” ujarnya.

Disamping itu, Aji juga menjelaskan, selain melalui sarana proposal yang telah disiapkan, juga membuat kesepakatan bersama pihak-pihak yang terlibat dalam perjanjian tersebut.

“Pelaksanaannya juga harus transparan dan dilaporkan. Sementara itu, selain sarana proposal juga dibuat suatu kesepakatan antara pihak yang terlibat, artinya tidak ada paksaan bagi yang turut ikut dalam penyelenggaraan tersebut,” tutupnya.

 

 

Reporter: Khairul Siregar
Editor     : Codet Carladiva