Soal Kebijakan Perlindungan Anak, DPRD Karimun Usulkan Pembentukan Ranperda

Karimun,beritakarimun.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Karimun mengusulkan Pembentukan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perlindungan anak.

Hal itu disampaikan saat rapat Paripurna tentang Penyampaian laporan Keterangan Pertanggungjawaban LKPJ Tahun 2017 Bupati Karimun, Kamis (29/3) sore.

Melalui Komisi I DPRD Karimun, Sulfanow Putra Menyampaikan pembentukan Ranperda Tersebut sejalan dengan agenda perda melalui inisiatif DPRD Karimun untuk rancangan program tahun 2018.

“Untuk itu kami dari Komisi I bernisiatif mengusulkan rancangan Perda tentang penyelenggaraan perlindungan anak,” Ujarnya.

Sulfanow menyebutkan, terdapat dua aspek landasan terhadap pembentukan kebijakan menyoal perlindungan anak tersebut yakni landasan Sosiologis, landasan Yuridis yang dapat di wujudkan melalui Peraturan Daerah.

“Maka dalam konteks perda tentang penyelenggaraan perlindungan anak, maka segala persoalan anak, dalam tingkatan yang mendasar, penyebab persoalan seperti kekerasan, Perlakuan anak, Eksploitasi dan penelantaran anak harus di wujudkan dalam sebuah perda,” ujar Sulfanow.

Rencana tersebut disambut baik oleh bupati Karimun Aunur Rafiq, dia mengatakan melalui regulasi tersebut dapat memberikan kepastian hukum, perlindungan hukum bagi anak penderita kekerasan dengan melihat kedua landasan yang menjadi dasar pembentukan perda tersebut nantinya.

“Melalui ini, Kita akan memberikan kepastian hukum yang akan di muat dalam Ranperda tentang perlindungan anak nantinya. Kita sambut baik atas usulan ini” Ungkap Bupati Rafiq.

Sementara itu, wakil ketua I DPRD Karimun Azmi mengatakan Penyelenggaraan Perlindungan anak tersebut sudah disetujui dan akan berproses pada pembahasan di tingkat Pansus.

“Sudah Disetujui untuk di bahas tingkat pansus,” ujar Azmi.

 

 

 

Reporter: Khairul
Editor     : Codet Carladiva