Pemkab Karimun Cek Peredaran Tiga Merk Sarden di Sejumlah Swalayan

Karimun,beritakarimun.com – Pemkab Karimun melalui Satpol PP dan Dinas Kesehatan Kabupaten Karimun, disperindag serta jajaran Polres Karimun melakukan penyisiran terhadap swalayan di Karimun yang diduga menjual tiga merk panganan Kaleng sarden, Salasa (27/3) sekira pukul 12.30 wib.

Pengecekan tersebut dilakukan setelah BPOM Kepulauan Riau menarik tiga jenis merk panganan Kaleng sarden yang diduga mengandung parasit Anaskis SP diantaranya Farmerjack, IO, dan Hoki beredar di Pasaran.

Hasilnya, dari pengecekan di tiga Kecamatan yakni Tebing, Karimun, dan Meral yang dilakukan. Petugas menemukan sebanyak 399 kaleng sarden yang sudah dilarang peredarannya oleh BPOM.

“Dari hasil kegiatan yang kita lakukan ada sebanyak 399 kaleng diantaranya merk Farmerjack dan IO kita temukan di sejumlah Swalayan,” ungkap Kasat Pol PP T.A Rahman, Selasa (27/3).

Untuk itu, lanjut Rahman, langkah yang dilakukan pihaknya dengan memberi teguran terhadap sejumlah toko yang masih menjual 3 jenis kaleng sarden yang ditarik peredarannya itu.

“Lalu tim menyampaikan kepada pemilik toko dan pedagang eceran agar menarik tiga merk sarden tersebut agar tidak dijual dan dikembalikan ke distributor. Dan distributor diwajibkan untuk dimusnahkan,” tambahnya.

Ia juga mengatakan, tindakan tegas akan dilakukan apabila para pedagang termasuk distributor apabila masih menjual tiga merk sarden tersebut. Pasalnya pihaknya sudah mengingatkan bahwa tiga jenis panganan kaleng tersebut tidak boleh beredar.

“Tindakan tegas akan kita berikan apabila masih beredar, sampai BPOM mengeluarkan kebijakan kembali boleh dijual kembali,” tutup Rahman.

 

 

Reporter: Khairul
Editor     : Codet Carladiva