Sosok AKP Nendra Madya Tias, Perwira Polri Pemerang Narkoba di Karimun

Karimun,beritakarimun.com – Inilah Ajun Komisaris Polisi (AKP) Nendra Madya Tias SIK, sosok perwira polri yang dikenal gencar mengungkap kasus peredaran narkoba di Kabupaten Karimun. Kiprahnya selama bertugas di ‘bumi berazam’ sebagai Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Karimun terbilang optimis dalam menanggulangi masalah barang haram narkotika.

Bagi pria kelahiran Indramayu 9 Juli 1986 ini mengemban tugas secara Profesional dan Kooperatif merupakan bagian dari wujud implementasi sebagai perwira Polri.

Ia mengawali karir dengan mengikuti pendidikan perwira di Akedemi Kepolisian Semarang dan lulus pada tahun 2007. Pasca lulus pendidikan, penugasan pertama diawali sebagai Kepala Sentra Pelayanan Kepolisian (SPK) Polres Halmahera Utara, Maluku.

Disamping berpengalaman dalam bidang penanganan narkoba, perwira yang dikenal koopratif ini juga sempat mengisi jabatan sebagai Kanit Reskrim Polres Ternate dan Kanit Buser, Polres Halmahera Utara.

Baginya, bertugas di Kabupaten Karimun memiliki kesan tersendiri, letak geografis wilayah ini yang berbatasan langsung dengan dua negara yakni Singapura dan Malaysia memaksa ia harus lebih ekstra melakukan pengungkapan berbagai kasus peredaran narkotika diwilayah hukumnya.

“Mengemban tugas diwilayah perbatasan seperti Kabupaten Karimun memacu saya untuk lebih bekerja secara ekstra,” Ucapnya kepada reporter beritakarimun.com belum lama ini.

Tak hanya sosialisasi dan pengungkapan terhadap peredaran narkotika yang gencar ia lakukan, bentuk sikap penanganan kepada para tersangka narkoba juga menjadi caranya untuk membina para pelaku yang terlibat barang haram itu.

Hal tersebut dilaksanakan dengan memberikan pembekalan moril dimana memuat nilai religius yang ditanamkan bagi para tersangka narkoba agar tidak lagi terlibat dalam kasus serupa dengan menggandeng para tokoh agama di Kabupaten Karimun.

Selain itu, berbagai upaya lain juga telah ditempuh olehnya untuk dapat menekan dan memberantas peredaran gelap narkoba diwilayah hukum Polres Karimun. Dimulai dengan upaya pencegahan dengan turun langsung kemasyarakat memberikan pemahaman bahaya narkoba selain penindakan yang dilakukan secara terus menerus.

Salah satu langkah meminimalisir peredaran narkoba ini menjadi langkah berbeda yang ditempuh oleh Satuan Narkoba Polres Karimun yakni dengan menumbuhkan kedekatan dengan masyarakat dan menunjukkan kehadiran Satresnarkoba ditengah masyarakat.

Upaya ini dilakukan agar menumbuhkan kesadaran masyarakat akan bahaya dan dampak buruk narkoba yang dapat memberikan banyak kerugian baik bagi pelaku, keluarga pelaku, maupun lingkungan sekitarnya.

Meniti Karir di Kepolisian, tak lantas membuat ia menjauhkan diri dari Keluarga, baginya keluarga merupakan Surga dunia disamping melakoni tugas sebagai perwira negara.

Kini, perwira anak satu itu akan mengisi jabatan baru sebagai Kaurdumas Subbagdumasan Itwasda Polda Kepulauan Riau setelah 11 bulan mengemban tugas memerangi narkoba di Kabupaten Karimun dalam jabatannya sebagai Kasat Narkoba Polres Karimun.

 

 

Reporter: Khairul
Editor     : Codet Carladiva