Jaksa Masuk Sekolah, Pelajar Kundur Harus Melek Hukum

Kundur, beritakarimun.com – Demi untuk menumbuhkembangkan kesadaran hukum bagi masyarakat secara umum dan pelajar secara khusus, pihak Kejaksaan Negeri Karimun cabang Tanjung Batu Kundur melakukan program kerja di salah satu sekolah yang ada di Kecamatan Kundur.

Selasa pagi (20/3), pihak Kejaksaan Negeri Karimun Cabang Tanjung Batu Kundur yang di Pimpin Kacabjari Tanjung Batu Aji Satrio Prakoso melakukan penyuluhan hukum bagi pelajar di SMP Negeri 1 Kundur Barat.

Kepala Cabang Kejakasaan Negeri Tanjung Batu Kundur, Aji Satrio Prakoso dalam penyuluhan tersebut mengatakan selain memperkenalkan tentang ruang lingkup Kejaksaan, pihaknya juga mensosialisasikan tentang bahaya narkoba serta dunia maya yang meraja lela mempengaruhi otak.

“Hari ini kita kembali memperkenalkan tentang kejaksaan kepada para siswa melalui program hukum dan penyuluhan hukum Jaksa masuk sekolah, namun kali ini kita juga memberikan materi agar siswa kenali hukum serta jauhi hukuman, terlebih penyalahgunaan narkoba dan problematika anak muda,” ungkap Aji.

Pihak Kejaksaan yang bekerjasama dengan Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Karimun terlihat cukup serius dalam memberikan penyuluhan kepada para siswa tersebut.pihak kejaksaan berharap para siswa nantinya berlomba-lomba menuntut ilmu serta mengejar prestasi untuk berdiri sebagai ahli hukum sehingga tidak ada siswa di Karimun khusunya Kecamatan Kundur nantinya terjerumus ke hal negatif akibat dangkalnya pengetahuan tentang hukum seperti penyalahgunaan narkoba dan problematika anak muda.

“Kita sengaja perkenalkan tentang tugas dan wewenang kejaksaan baik di bidang pidana, bidang ketertiban ketentraman umum, dan bidang perdata, kita juga memperkenalkan struktur tertinggi di kejaksaan agung hingga kejaksaan cabang, setidaknya hal tersebut dapat menyemangati para siswa agar bisa mengejar prestasi dan berminat untuk menjadi seperti kami sebagai pihak kejaksaan sehingga mereka tidak memiliki waktu untuk mengenal hal-hal negatif yang dapat merusak masa depan mereka,” jelas Aji.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kundur Barat, Zulkifli sangat mengapresiasi terhadap masuknya pihak Jaksa kesekolahnya untuk berbagi ilmu pengetahuan kepada para siswa nya.

“Kita tentunya sangat senang dengan program yang dilakukan oleh pihak kejaksaan untuk berbagi ilmu. Apalagi hal tersebut dapat menghindarkan para murid dari bahaya penyalahgunaan yang dapat menggiring ke arah hukum, seperti masalah narkoba maupun kenakalan remaja lainnya. Ini program yang sangat membantu kita tentunya,” ujar Zulkifli.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva