Perayaan Malam Cap Go Meh di Karimun Meriah

Karimun, beritakarimun.com – Sudah menjadi tradisi dari tahun ke tahun, Bupati Karimun Aunur Rafiq menjadikan Malam Cap Go Meh sebagai salah satu Ikon Kabupaten Karimun yang dapat menjadi daya tarik masyarakat luar Karimun karena terkenal dengan kemeriahannya.

“Malam cap go meh ini kita harapkan menjadi salah satu Ikon Kabupaten Karimun sehinga ini bisa menjadi daya tarik untuk masyarakat luar Karimun atau keluarga baik dari Singapura maupun Malaysia dan bahkan dihadiri artis dari Taiwan juga,” ungkap Bupati Karimun Aunur Rafiq saat ditemui di malam penutupan Cap Go Meh di kawasan Anthena Kelurahan Meral Kota Kecamatan Meral Kabupaten Karimun, Sabtu malam (3/3).

Menurut Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, Meski di Karimun warga tionghoa hanya 10 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Karimun, namun budayanya perlu dipertahankan.

“Kemeriahan imlek tidak kalah dengan kemeriahan hari raya idul fitri, natal dan tahun baru, karena mereka warga yang keberadaan warganya 10 persen dari jumlah penduduk kita, tapi mereka juga merupakan bagian dari kita dan mereka punya budaya adat istiadat tersendiri dan pada hari raya imlek ini lah mereka tunjukkan kebudayaan dari mereka seperti lampu lampion yang membuat seperti suatu kota tersendiri di Kabupaten Karimun, itu yang pantas dan perlu kita pertahankan dan lestarikan. Sesungguhnya budaya ini juga bagian dari hasanah budaya Indonesia tentunya dalam kebhinekaan kita khususnya di Kabupaten Karimun. Kita juga akan mengenalkan Karimun bukan hanya dari iklim investasi saja, tentu dengan budayanya, bagian dari budaya ditanah air ini kita angkat, kita bersyukur masyarakat kita bisa membaur dengan masyarakat tionghoa,” ujar Rafiq.

Sementara itu , Ketua Penyelenggara acara, Toto Wijaya mengatakan, pada Cap Go Meh tahun ini terlihat lebih ramai dari tahun sebelumnya karena diketahui banyak masyarakat dari luar Karimun yang hadir.

“Malam Cap go meh atau malam imlek ke 15 ini juga jatuh pada ulang tahun kelenteng kita. Pada cap go meh tahun ini kita melihat tidak kalah ramai dan meriah dari tahun-tahun sebelumnya, bahkan diketahui lebih ramai karena ada keluarga dan sanak saudara yang dari rangsang, selat panjang, Singapura dan Malaysia yang ikut memeriahkan Imlek di Karimun. Kita juga mendatangkan artis penyanyi dari Taiwan karena sesuai dengan warga kita yang mayoritas Hokian. Dengan banyaknya masyarakat yang datang juga tentunya dapat membantu perekonomian masyarakat sekitar dengan cara berjualan, baik itu warga tionghoa maupun etnis lainnya, kita juga menyediakan undian berhadiah untuk semua kalangan dan semua etnis dengan hadiah utama 1 unit mobil, 10 unit sepeda motor, TV, Handphone dan lain sebagainya untuk menambah kemeriahan pada hari raya imlek ini. Kita berharap tentunya pada tahun depan kita dipertemukan dengan Imlek dan Cap Go Meh yang lebih meriah lagi, ” tutup Toto.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva