Polres Karimun Luncurkan Aplikasi POKA Berbasis Android

Karimun,beritakarimun.com – Kepolisian Resort Karimun terus berinovasi melakukan peningkatan pelayanan Masyarakat melalui Aplikasi berbasis Android, kali ini Polres Karimun Melucurkan Aplikasi pelayanan yang diberi nama Polisi Karimun (POKA) dimana menggabungkan seluruh aplikasi pelayanan publik di Polres Karimun.

Kemajuan dan perkembangan teknologi dimanfaatkan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat di Kabupaten Karimun. Aplikasi POKA tersebut menggabungkan seluruh Pelananan berbasis Aplikasi yang ada di Polres Karimun, untuk mendapatkan aplikasi ini bisa di Download di Playstore Gadget Android.

“Aplikasi ini, menggabungan Seluruh aplikasi pelayanan masyarakat di Polres Karimun, yaitu Satlantas, Satintel dan Satreskrim, untuk memudahkan masyarakat,” ujar Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin, Selasa (13/2) saat press rilis peluncuran aplikasi POKA.

Dari tiga Satuan tersebut, Satlantas memiliki sembilan aplikasi pelayanan yang dimuat dalam Aplikasi POKA, dimana bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam pengurusan surat kendaraan.

“Kita ada sembilan aplikasi pelayanan, yaitu pendaftaran SIM Online, SP2HP lantas, proses BST, Troublespot, cek pajak, lakawarriors, pengaduan lalu lintas, dan website lantas,” terang kasat Lantas Polres Karimun, AKP Teuku F Kenedy.

Sedangkan, Satuan Reserse Kriminal, terdapat empat aplikasi di dalam POKA, seperti Aplikasi Panic Button Karimun, Konsultasi Hukum, SP2HP Online, Public complain Online.

“Jadi, dengan aplikasi kosultasi online dan pablic complain, masyarakat langsung bisa chat atau terhubung langsung dengan penyidik, tidak harus datang ke polres. Dan juga bisa menyatakan komplain jika pelayanan lambat,” ujar Kasat Rekrim Polres Karimun, AKP Lulik Febyantara.

Selain itu, Satuan Intelkam Polres Karimun juga, mempunyai tiga aplikasi didalam POKA. Yaitu pelayan SKCK online, surat ijin keramaian, dan 24 hours report. Dimana masyarakat dapat membuat surat ijin keramaian secara online, serta mendaftar secara online untuk membuat surat SKCK.

“Untuk aplikasi 24 hours report, nantinya dipergunakan oleh RT/RW bisa melaporkan selama 24 jam, untuk melaporkan yang mencurigakan di lingkungannya,” ucap Kasat Intel Polres Karimun, AKP Andi Amirwahyudi.

Dalam hal ini, Kapolres AKBP Agus Menyebutkan, Polres Karimun saat ini sudah didukung dengan Aplikasi Pengaduan Masyarakat, dengan Aplikasi tersebut masyarakat dapat membuat pengaduan terhadap masalah yang terjadi di wilayah Hukum Polres Karimun secara Online.

“Sekarang masyarakat bisa dari rumah untuk membuat laporan, tidak perlu kepolres lagi. Nanti datang kepolres hanya tinggal tanda tangan saja,” ucapnya.

 

 

Reporter: Khairul
Editor     : Codet carladiva