Bupati Karimun Buka MTQ Pertama 2018 Tingkat Kecamatan Ungar

Kundur, beritakarimun.com – Pencarian bibit Qori dan Qori’ah di Kecamatan Ungar yang dihadiri Bupati Karimun Aunur Rafiq bersama rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun berlangsung semarak, Jum’at malam (9/2).

Sebelum membuka secara resmi acara MTQ tingkat Kecamatan tahun 2018 di Kecamatan Ungar, Bupati Karimun Aunur Rafiq yang datang sejak sekira pukul 18.00 Wib bersama rombongan dari Karimun disambut dengan hangat oleh masyarakat dan pemerintah Kecamatan Ungar.

Pukulan Kompang dengan riuhnya masyarakat Kecamatan Ungar Kabupaten Karimun menyambut damai kedatangan orang nomor satu di Kabupaten Karimun yang tiba di arena MTQ usai sholat isya dan langsung menyembangi lima Stand Bazar dari Kelurahan Alai, PKK Desa Batu Limau Kecamatan Ungar, PKK Desa Sungai Buluh, Desa Ngal, dan stand bazar PKK Kecamatan Ungar yang telah disiapkan pada malam acara MTQ yang juga dipertandingkan.

Acara pembukaan MTQ Kecamatan Ungar yang diselenggarakan di lapangan Beram RT 02 RW 06 Kelurahan Alai itu di mulai dengan penyambutan Defile Kafilah yang terdiri dari Kafilah LPTQ Kecamatan Ungar, Kafilah Desa Ngal, Kafilah Desa Batu Limau, Kafilah Desa Sungai Buluh, dan Kafilah Kelurahan Ungar.

Usai defile kafilah, Bupati Karimun bersama rombongan disuguhi tarian persembahan serta pembacaan lantunan ayat suci Al-Qur’an dengan penuh ta’zim yang dibacakan oleh Fachrul Razi yang diketahui telah memiliki prestasi Tilawah tingkat anak-anak, remaja, hingga dewasa yang mewakili Kecamatan hingga Kabupaten.

“Adapun maksud dan tujuan kami menyelenggarakan MTQ ini ialah melaksanakan salah satu azam Kabupaten Karimun untuk meningkatkan iman dan taqwa, menciptakan Qur’an dan Qur’ani di Kecamatan Ungar, serta akan mengikuti MTQ tingkat Kabupaten nantinya dengan tema mewujudkan revolusi mental dalam pemanfaatan nilai-nilai islam rahmatan lil alamin. Kita memiliki 52 orang peserta yang terdiri dari 10 orang golongan tartil Qur’an, 8 orang tilawah tingkat anak-anak, 9 orang tilawah tingkat remaja, 9 orang tilawah tingkat dewasa, 8 orang Syahril Qur’an, dan 8 orang Fahmil Qur’an,” ungkap Ketua Panitia Penyelenggara MTQ Kecamatan Ungar, Edi Sucipto dalam laporan panitianya.

Sementara Muhammad Farida Syahdu, selaku Camat Ungar menargetkan bisa menang di tingkat Kabupaten pada tahun 2019, karena menurutnya para qori dan qori’ah Kecamatan Ungar masih harus dilakukan pembinaan.

“Mewakili segenap lapisan masyarakat, kami berterimakasih kepada Bupati Karimun karena telah berkenan menjadi kan Kecamatan Ungar sebagai tuan rumah pada MTQ tingkat Kabupaten tahun 2018 yang akan diselenggarakan usai MTQ tingkat Kecamatan, kami sangat mengharapkan adanya kerjasama masyarakat ungar. Kami akan terus berusaha untuk meningkatkan para kafilah Qori dan qori’ah Kecamatan Ungar. Namun karena para Qori dan Qori’ah kami masih harus banyak belajar, jadi kami rasa tidak pada tahun 2018 ini Kecamatan Ungar bisa berbicara, namun kami optimis pada tahun 2019 akan bisa berbicara tentang kemenangan karena kami telah mendatangkan pelatih yang akan membimbing anak-anak kami tentunya.” ujar Syahdu.

Bupati Karimun Aunur Rafiq, dalam sambutannya sebelum membuka MTQ, berterimakasih kepada panitia dan pemerintah Kecamatan ungar yang siap bergotong royong semoga apa yang dilakukan insyaallah dapat menjalin tali silaturahmi yang sangat baik.

“Kecamatan Ungar harus optimis untuk menangkan MTQ tingkat Kabupaten nantinya pada tahun ini, jangan tunggu tahun depan, optimiskan tahun ini sukses, apalagi sebagai tuan rumah pada bulan Maret yang akan datang, meskipun baru 2 bulan latihan, tapi kalau Allah berkehendak, pasti dapat. Mari kita sama-sama do’akan agar pada tahun ini Kecamatan Ungar bisa berbicara di tingkat Kabupaten, saya doakan semoga berjalan dengan lancar. Saya berharap semoga ajang setiap tahun ini dapat membina generasi muda cinta Al-Qur’an,” tutup Rafiq.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva