KPUD Karimun Sebut Hasil Verifikasi Faktual Partai Politik

Karimun, beritakarimun.com – Verifikasi Faktual untuk Partai Politik peserta Pemilu tahun 2019 dengan Keputusan Makhamah Konstitusi yang digelar sejak tanggal 30 hingga 31 Januari 2018 di Kabupaten Karimun akhirnya telah selesai dan menemukan hasil.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Ahmad Sulton saat dikonfirmasi Reporter beritakarimun.com , Jum’at sore (2/2) menyatakan bahwa Verifikasi Faktual untuk Partai Politik Pemilu tahun 2019 tingkat Kabupaten Karimun telah dinyatakan selesai dan menemukan hasil.

“Kita telah selesai melakukan verifikasi faktual untuk partai politik serta pemilu 2019 dengan keputusan makhamah konstitusi sejak tanggal 30 sampai 31 Januari 2018,” ungkap Ahmad Sulton.

Kata Ahmad Sulton, dalam proses verifikasi, ada empat komponen yang diperiksa oleh pihak KPU Karimun terhadap peserta pemilu 2019 mendatang.

“Verifikasi kita lakukan terhadap 4 hal, pertama kepengurusan, kedua keterwakilan 30 persen perempuan dalam pengurus, ketiga domisili kantor partai, dan keempat keanggotaan yang kita ambil samplenya 5 persen dari jumlah anggota yang diserahkan ke KPU kemarin,” jelas Ahmad Sulton.

Dari 12 Partai Politik yang diverifikasi Ketua KPU tersebut menyatakan seluruhnya lengkap dan memenuhi syarat.

“Proses berjalan lancar dan tidak ada persoalan, hasilnya semua partai kita nyatakan lengkap. Dari hari pertama verifikasi lengkap semua. 12 partai kita verifikasi, dan ada 1 partai yang melakukan perbaikan yaitu partai Garuda karena mereka mengikuti tahapan sebelumnya jadi masa perbaikannya kita gabungkan dengan 12 partai politik. Itu juga hasilnya telah lengkap dan kita sampaikan di Kantor KPU tadi pagi. Untuk ke 12 partai yaitu Partai Nasdem, PKB, Partai Hanura, Partai Demokrat, P3 Partai Golkar, PDIP, PAN, PKPI, PBB, Gerindra dan PKS,” ujar Ahmad.

Ahmad Sulton juga menyebutkan, di Karimun yang memenuhi syarat dari tahapan pertama hingga kedua menjadi 16 Partai.

“Setelah selesai melakukan tahapan ini, di Karimun yang memenuhi syarat dari tahapan pertama hingga kedua menjadi 16 Partai. Pada tahapan pertama ada 4 partai yang sudah lolos verifikasi faktual pada 12 oktober 2017 lalu yaitu Partai Perindo, PSI, Partai Berkarya dan Partai Garuda, dalam tahapan pertama saat dilakukan verifikasi faktual, partai PSI mengalami perbaikan kepengurusan sedangkan Partai Garuda Perbaikan secara Keanggotaan, namun saat ini sudah lolos verifikasi keempatnya. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan lancar, partai politik juga proaktif ,sama sama saling mempersiapkan diri menghadap verifikasi,” kata Ahmad.

Ahmad Solton juga mengatakan, setelah ini pihaknya langsung melaporkan hasilnya kepada KPU RI.

“Setelah ini kita tinggal menunggu penetapan hasil dari KPU RI pada tanghal 17 februari 2018 mendatang, Sekarang kita juga sedang tahap penyusunan daerah pemilihan dapil. Untuk bisa mempermudah, masyarakat bisa mengakses Website kita di kab-karimun.kpu.go.id,” tutup Ahmad.

 

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet carladiva