8 Unit Bus Dari Pusat Untuk Desa di Kabupaten Karimun Akan Diluncurkan

Karimun, beritakarimun.com – Kabupaten Karimun menerima delapan unit bus dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Transportasi bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 3,9 Miliar untuk desa tertinggal. Delapan bus tersebut rencananya akan di distribusikan ke 8 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Karimun.

Kepala Dinas Perhubungan Fajar Horison mengatakan, bantuan sarana transportasi tersebut dialokasi untuk Desa yang masuk Lokasi Prioritas (Lokpri) dengan tujuan meningkatkan ekonomi desa, antara lain desa yang berada di Kecamatan Karimun, Tebing, Meral Barat, Buru, Moro, Kundur Utara, Unggar, dan Belat.

” Ada delapan desa di 8 Kecamatan yang dapat bantuan bus. Tujuan pemberian bantuan bus ini adalah untuk meningkatkan ekonomi desa,” ungkap Fajar.

Fajar mengatakan, penggunaan bus dapat digunakan untuk segala macam kegiatan untuk masyarakat desa untuk meningkatkan perekonomian desa. Pengadaan bus ini dilakukan oleh Dishub dengan menggunakan anggaran dari kementerian, nantinya bus diberikan langsung dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

” Awalnya akan didistribusikan dua unit setiap kecamatan, namun dengan kondisi masih kurangnya angkutan Bus maka kita coba melobi pusat dan akhirnya delapan kecamatan ini disetujui dengan masing- masing 1 unit,” ujar Fajar.

Dalam pengajuan pertama, Dinas Perhubungan mengajukan pengadaan Bus sebanyak 10 unit dengan biaya Rp 5 miliar, akan tetapi dalam proses pembahasan akhirnya kita mendapatkan anggaran Rp 3,9 miliar untuk pengadaan 8 unit bus.

” Kita berharap dengan adanya pengadaan bus ini masyarakat lebih terbantu selain itu juga harapan kita dapat bantuan ini dijaga dan dirawat dengan baik,” ujar Fajar.

Fajar mengatakan, saat ini jumlah angkutan Bus di Karimun berjumlah 4 unit dengan 1 sudah dalam keadaan rusak. Dengan adanya penambahan bus dari bantuan Pemerintah Pusat sebanyak 8 unit, total keseluruhan ada 12 unit bus.

” Ada 12 bus dan yang bisa dioperasikan 11, kedepan berharap seluruh Kecamatan di Karimun memiliki masing- masing satu unit,” tutup Fajar.

 

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva