Dishub Karimun Godok Kebijakan Sistem Parkir Berlangganan

Karimun,beritakarimun.com – Dinas perhubungan Kabupaten Karimun saat ini tengah menggodok kebijakan pemberlakuan Parkir berlangganan terhadap kendaraan.

Sistem parkir berlangganan merupakan pembayaran parkir yang dibebankan kepada pengendara setiap tahunnya dengan dibayarkan ketika pengendara melakukan pelunasan pajak kendaraan setahun sekali di kantor Samsat.

“Saat ini target dari kita ialah untuk penerapan parkir berlangganan. Kemarin dari Pansus sudah turun ke solo studi banding guna mengkaji sistem ini,” ungkap Fajar, Rabu (24/1).

Menurut perkiraannya, pemberlakukan sistem parkir berlangganan dapat mendongkrak Pendapatan Asli daerah (PAD) Kabupaten Karimun di bidang parkir dengan melihat total jumlah kendaraan yang ada.

“Tahun lalu sektor parkir menghasilkan PAD senilai 170 juta, maka PAD dari parkir akan meningkat secara draktis melalui sistem ini dengan potensi hingga Rp 5 miliar ” Ucapnya.

Dalam penerapannya, kendaraan roda dua akan dibebankan tarif kisaran Rp 25 ribu pertahun, sedangkan kendaraan untuk roda empat kisaran Rp 75 ribu. Setelah dilakukan pembayaran, maka selanjutnya pengendara bebas parkir tanpa dipungut biaya.

“saya rasa dengan biaya segitu tidak memberatkanlah, ” katanya.

Fajar juga menyebutkan, setelah pemberlakuan tersebut Juru Parkir akan menjadi pegawai dibawah Dishub dengan mendapatkan gaji dari APBD. Juru parkir betugas hanya melakukan pengawasan dan pengaturan terhadap kendaraan di titik parkir.

Ia juga mengatakan, nantinya, parkir menggunakan sistem berlangganan tersebut membutuhkan payung hukum yang lebih tinggi, seperti peraturan Gubernur.

“Tapi kita masih mengkaji, apakah ini bisa tidak melalui mekanisme peraturan gubernur atau menggunakan sistem lain,” ujar Fajar.

Fajar juga menyebutkan, penerapan parkir berlangganan tidak memberatkan masyarakat, bahkan penerapan ini akan meringankan beban masyarakat karena nilai pembayaran tergolong kecil.

“Ini tidak memberatkan, nanti masyarakat bebas mau parkir dimana saja dan tanpa biaya,” tutup Fajar.

 

Reporter : Khairul
Editor      : Codet Carladiva