Inilah Hukuman Para Pelaku Pembawa Sabu 21 Kg

Karimun,beritakarimun – Sidang lanjutan tiga terdakwa perkara kepemilikan narkotika 21 kilogram sabu kembali digelar di Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun dengan agenda pembacaan vonis oleh Mejalis hakim, Selasa (23/1).

Vonis hukuman selama 19 tahun 3 bulan dijatuhkan kepada dua terdakwa Ahmad Somaidi Alias Oong dan Sam Bin Malik atas perkara narkotika yang menjerat keduanya.

“Atas pertimbangan yang dilakukan majelis hakim saudara divonis 19 tahun penjara dan denda 1 milyar rupiah, karena tidak dibayarkan maka masa hukuman di vonis menjadi 19 tahun 3 bulan penjara,” Ucap Hakim ketua Budiman Sitorus saat membacakan vonis hukuman terdakwa, Selasa (23/1) di ruang sidang Cakra Pengadilan negeri Tanjung Balai Karimun.

Baca Juga: Sabu 21,5 KG Gagal Beredar di Kabupaten Karimun

Selain itu, terdakwa bernama Jabat diganjar hukuman selama 17 tahun 3 bulan penjara dalam perkara tersebut.

“Penetapan masa hukuman para terdakwa berdasarkan perannya dalam perkara ini, serta fakta-fakta yang dihadirkan dalam persidangan,” Ujar Hakim ketua Budiman kepada para jurnalis.

Sebelumnya, dalam sidang tuntutan yang digelar beberapa waktu lalu, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun Juan Manullang, menuntut hukuman seumur hidup atas terdakwa Ahmad Somaidi dan Sam bin Malik serta tuntutan selama 20 tahun untuk terdakwa Jabat.

Hakim ketua menjelaskan, satu hal menjadi pertimbangan Majelis hakim untuk dua terdakwa atas perkara ini adanya bukti transfer dana dari pemilik Sabu seberat 21 kg tersebut sebagai biaya hidup kedua kurir selama di Karimun. Sehingga sangkaan terhadap mereka berperan sebagai kurir dalam perkara tersebut.

Baca juga: Dua Terdakwa Kasus Sabu 21,5 Kg Dituntut Seumur Hidup dan 20 Tahun Penjara

“Yang menjadi pertimbangan majelis hakim adalah adanya bukti transfer dari pemilik barang HS senilai 4 juta dan 5 juta rupiah sebagai biaya hidup mereka selama di Karimun,” tutur Budiman.

Dalam amar putusannya, majelis hakim menilai bahwa para terdakwa dinyatakan terbukti bersalah sesuai perannya atas kepemilikan narkotika jenis sabu yang jelas-jelas bertentangan dengan hukum dan Undang-undang.

Ketiga terdakwa ini ditangkap oleh Badan Narkotika Provinsi Kepulauan Riau pada bulan Mei 2017 lalu. Dari mereka diamankan kurang lebih sebanyak 21 kg narkotika jenis sabu.

 

 

Reporter : Khairul
Editor      : Codet Carladiva