Inilah Kasus Penindakan DJBC Khusus Kepri Tahun 2017

Karimun, beritakarimun.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Bea Cukai (DJBC) Khusus Kepri memaparkan capaian kinerja pihaknya terkait penindakan kasus barang bukti berupa Narkotika, Rokok Ilegal, dan Minuman Alkohol di lingkungan DJBC Khusus Kepri sepanjang Tahun 2017.

Kakanwil DJBC Khusus Kepri, Rusman Hadi memaparkan satu persatu penindakan terhadap barang bukti berupa barang-barang berbahaya yang dapat merusak generasi penerus bangsa yang masuk dari luar Indonesia.

“Sepanjang tahun 2017, kita berhasil melakukan berbagai macam penindakan di wilayah kita, dengan penindakan barang-barang haram yang kita lakukan setidaknya dapat mengurangi peredaran narkoba di Indonesia yang sejak dulu luar biasa maraknya,” ungkap Rusman Hadi.

Rusman Hadi mengatakan, sepanjang tahun 2017 pihaknya berhasil melakukan penindakan terhadap pelaku penyelundupan dengan narkotika dengan berbagai jenis.

“Dari data yang kita rangkum, pada tahun 2017 kita dapatkan 4 macam jenis narkotika, psikotropika, dan prekursor (NPP) yang mencoba masuk ke Indonesia dari luar negeri seperti Narkotika jenis Methamphetamine (sabu) sebanyak 18 bungkus dengan total berat sekitar 30 kg dan 535,36 gram, Narkotika jenis Heroin dengan total tangkapan sebanyak 9,15 gram, Narkotika jenis Ketamin (obat-obatan) sebanyak 993,12 gram, dan Narkotika jenis ganja kering sebanyak 15 linting dan 4,63 gram,” jelas Rusman Hadi.

Rusman juga mengatakan pihaknya juga merangkumkan total penindakan Barang Kena Cukai (BKC) atas barang bukti berupa rokok serta minuman Alkohol ilegal yang juga masuk dari luar negeri.

“Kita lakukan sebanyak 151 penindakan atas barang kena cukai di wilayah kerja kita, dengan jumlah Hasil Tembakau (HT) atau rokok ilegal sebanyak 4.912.700 batang, dan Minuman Mengandung Etil Alkohol (MMEA) rp sebanyak 6.480 liter, dengan nilai total barang secara keseluruhan mencapai Rp. 4.433.787.400 serta kerugian negara mencapai Rp. 2.116.356.860.” jelas Rusman Hadi.

Menurut keterangan, tindak lanjut barang bukti hasil penindakan berupa Narkotika, Rokok Ilegal, dan Minuman Alkohol tentunya akan dimusnahkan.

 

Reporter: Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva