Bulan Ini Rokok Elektrik Kena Cukai Hingga 57%

Karimun, beritakarimun.com – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Direktorat Jenderal Bea dan Cukai akan memberlakukan cukai rokok elektrik atau akrab dikenal vape sebesar 57% dari harga jual eceran (HJE).

Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi menjelaskan, aturan tersebut akan berlaku pada 1 Juli 2018. Heru menjelaskan peraturan pelaksanaanya akan segera keluar bulan ini dan berbentuk peraturan Dirjen (Perdirjen)

“Perdirjen pertengahan bulan ini keluar, sehingga masyarakat punya waktu 5-6 bulan untuk mempersiapkan baik dari sisi bisnis maupun administrasi,” ungkap Heru, Senin (8/1).

Heru menjelaskan, nantinya Perdirjen ini mengatur tata cara pemungutan, tata cara penentuan cairan vape tersebut impor atau diproduksi lokal. Kemudian administrasi, formulir hingga mekanisme pembayarannya.

“Ini diharapkan membuat semua pihak tahu dan lebih mudah melaksanakannya, sama seperti rokok, kita punya laboratorium yang siap menindaklanjuti aturan tersebut,” imbuh dia

Tidak hanya itu, Heru juga memastikan bahwa selain memberlakukan cukai juga akan mengenakan bea masuk kepada rokok elektrik yang berasal dari luar negeri.

Diketahui, belum lama ini Menteri Kesehatan Nila Moeloek meminta kepada Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita untuk membatasi penjualan rokok elektrik lantaran merusak kesehatan.

 

 

Editor      : Codet Carladiva