Bupati Karimun Bagikan Kartu Asuransi Keselamatan Nelayan

Karimun, beritakarimun.com – Guna menjamin keselamatan para nelayan di Kabupaten Karimun, Bupati Karimun bersama Dinas Perikanan menyerahkan Kartu Asuransi nelayan kepada 3622 nelayan di 12 kecamatan Se-Kabupaten Karimun, yang diserahkan di Rumah Dinas Bupati Karimun, Kamis (4/1).

Bupati Karimun Aunur Rafiq yang didampingi oleh Kadis Perikanan, Ruffindy Alamsjah mengatakan, program kartu asuransi nelayan ini merupakan program yang diberikan oleh pemerintah pusat.

“Ini merupakan program dari pemerintah pusat, ini juga merupakan kerjasama antara pemerintah dengan Jasindo. Untuk tahun lalu, kita mendapatkan kuota sebanyak 845 nelayan yang telah menerima kartu asuransi terlebih dahulu, namun tahun ini kita mendapatkan kuota sebanyak 3622 nelayan, sehingga total nelayan yang sudah mendapatkan kartu asuransi nelayan sudah sebanyak 4467 nelayan,” ungkap Bupati Rafiq.

Rafiq juga mengatakan, pemerintah pusat hanya menanggung biaya asuransi nelayan pada satu tahun pertama saja.

“Tahun ini dana asuransi ditalangi oleh pemerintah, namun untuk tahun depan para nelayan yang sudah mendapatkan kartu asuransi nelayan mulai melakukan pembayaran sendiri, perbulannya hanya Rp15.000, tapi manfaat yang didapatkan sangat baik, apabila mendapat kecelakaan yang tidak diinginkan hingga meninggal dunia akan ada asuransinya. Saya minta Dinas Perikanan agar Jasindo memiliki agen-agen untuk dapat turun ke desa-desa untuk menjemput atau memungut uang bulanan asuransi sehingga nelayan dapat merasakan kemudahan,” ujar Rafiq.

Rafiq mengatakan, untuk para nelayan yang belum mendapatkan kartu asuransi nelayan, ia berharap agar bisa bersabar.

“Ini kita lakukan secara bertahap, tentunya harapan kita, seluruh nelayan yang ada di Kabupaten Karimun yang berjumlah sekitar 12.577 nelayan yang terdiri dari 6370 nelayan pemilik kapal dan 6207 untuk nelayan buruh atau nelayan musiman dapat secara keseluruhan mendapatkan kartu asuransi. Namun kita juga melihat kemampuan dari keuangan pemerintah sendiri. Kita berharap para nelayan dapat memanfaatkan kartu tersebut dengan baik sehingga dapat memudahkan para nelayan.” tutup Rafiq.

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva