Harga Jagung Manis di Karimun Menjanjikan, Petani Untung Hingga Belasan Juta

Karimun, beritakarimun.com – Hadapi pergantian tahun 2018, Petani jagung berhasil panen 4000 batang dalam satu hari dengan keuntungan sebesar Rp 12.000.000.

Pemilik Kebun Jagung, Rianto yang tinggal di wilayah Kampung Baru Kelurahan Tebing Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun mengatakan, jagung yang sudah bisa dipanen berjumlah kurang lebih 9360 buah.

“Kita memiliki kurang lebih sekitar 11.700 buah, yang bisa dipanen baru sekitar 9360 buah, untuk hari ini kita perkirakan baru terjual sekitar 4000 buah dengan harga Rp 4000 per buah untuk ukuran yang super dan Rp 3000 per buah yang ukuran sedang. Sebagian ada yang kita oper di pasar dan ada yang kita jual langsung di kebun,” ungkap Rianto.

Rianto mengatakan, pihaknya melakukan panen memang diatur setiap pada akhir tahun untuk moment tahun baru.

“Kita panen setiap akhir tahun karena mengambil moment tahun baru yang di mana selalu merayakan malam tahun baru dengan tradisi bakar jagung dan tentunya penjualan kita membludak, kalau selain tahun baru penjualan kita agak berkurang, namun dari 11.700 buah jagung yang kita tanam, yang kita panen sekitar 80 persen, sedangkan 20 persennya lagi menyusul. Kita mulai panen sejak jam 1 malam tadi, karena paginya saya gak sempat karena saya bekerja sebagai karyawan swasta. Istri saya mulai jual dari tadi pagi (30/12) pukul 07.00 wib hingga jam 17.00 wib. Kita perkirakan untuk jualan di kebun dari hari ini hingga besok (31/12) begitulah setiap tahunnya. Tentunya masyarakat Karimun sangat antusias berburu jagung untuk malam tahun baru, ” ujar Rianto.

Sementara itu, Hari Handoko yang saat itu sedang memborong jagung mengaku bahwa membakar jagung memang pas pada moment pergantian tahun.

“Kita sengaja memborong jagung untuk acara malam tahun baru yang akan kita rayakan bersama keluarga di Pantai besok malam, ini sudah tradisi pada moment malam tahun baru, rasanya kurang meriah jika tidak bakar-bakar jagung. Makanya setiap tahun kita borong,” ujar Hari.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva