Kompang Binaan Nyimas Novi Sambar Piala Bergilir Tingkat Provinsi

Karimun, beritakarimun.com – Dengan Meraihnya Karimun sebanyak empat prestasi sehingga mendapatkan piala bergilir pada Festival Kepri Berkompang Sirajudin Nur ke 2, membuat Nyimas Novi Ujiani berharap Pemuda Karimun tetap menegakkan tabuh kompang sehingga budaya kompang tidak mati hingga kapan pun.

“Ini merupakan hal yang sangat membanggakan untuk kita, dari perwakilan seluruh Kabupaten Kota yang ada di Provinsi Kepri, Kabupaten Karimun berhasil memboyong piala bergilir. Dari 6 grup yang diturunkan dari Karimun untuk bertanding di Batam, alhamdulillah semuanya masuk final, dan empat grup mendapatkan juara, kita sangat berharap ini menjadi contoh kepada pemuda-pemuda di Karimun untuk bisa membudayakan dan melestarikan seni kompang agar tidak punah,” ungkap Nyimas Novi Ujiani yang merupakan pembina lima grup kompang itu.

Nyimas menurutkan, pihaknya akan terus berupaya sehingga pemuda di Karimun tidak terbuai dengan dunia yang akan merusak masa depan anak bangsa.

“Melalui kompang ini insyaallah 10 hingga 20 tahun yang akan datang tabuh kompang masih akan tetap tegak berdiri di bumi berazam ini, pemuda kita sangat serius sampai mendapatkan hasil yang terbaik yang akan kita kompetisikan ke depan, kita tidak tergros dengan arus globalisasi yang ala kebarat baratan, ini yang kita harapkan, saya memotofasi agar tabuh jangan sampai terkecoh dengan dunia luar, kita harus dapat melestarikan budaya melayu melalui kompang ini, kita bisa mengalahkan negara tetangga seperti grup kompang dari Malaysia dan Singapura, tabuhan kompang kita beda sama yang lain, 6 regu kita masuk final. Kita akan mempoles mereka dengan pelatihan-pelatihan tentunya, malam minggu yang tadinya diisi hal negatif sekarang kita alihkan berkompang ria. Kita berharap ini bisa menjadi contoh yang baik,” ujar Nyimas.

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva