Pertamina MOR I Raih Penghargaan 10 Proper Hijau

Batam, beritakarimun.com – Sebagai wujud pengelolan lingkungan yang positif, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I (MOR I) meraih penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) Kategori Hijau bagi 10 Depot Pertamina MOR I Sumbagut yang dinilai berwawasan lingkungan. Kesepuluh Depot Pertamina MOR I Sumbagut tersebut meliputi TBBM Medan Group di Sumut, Depot LPG Tandem di Sumut, TBBM Pematang Siantar di Sumut, TBBM Kisaran di Sumut, TBBM Teluk Kabung di Sumbar, DPPU Minangkabau di Sumbar, TBBM Krueng Raya di Aceh, TBBM Dumai dan TBBM Sei Siak di Riau, serta DPPU Hang Nadim di Kepulauan Riau (Kepri).

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya kepada sepuluh Operation Head penerima penghargaan dalam Malam Anugerah Lingkungan Proper 2017 di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin lalu (18/12). Turut hadir Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, jajaran Kementerian dan Pemerintahan serta petinggi Perusahaan Swasta dan BUMN lainnya.

Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (PROPER) merupakan salah satu upaya Kementerian Negara Lingkungan Hidup untuk mendorong penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen informasi dengan berbagai kegiatan yang diarahkan untuk mendorong perusahaan untuk menaati peraturan perundang-undangan melalui insentif dan disinsentif reputasi, dan mendorong perusahaan yang sudah baik kinerja lingkungannya untuk menerapkan produksi bersih (cleaner production).

Erry Widiastono mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya kepada seluruh Pekerja MOR I atas kerja keras, dukungan dan jerih payah dalam pencapaian ini. Penghargaan ini sebagai bentuk pengelolaan operasional yang berwawasan lingkungan.

Erry juga berharap, pencapaian ini dapat menjadi dorongan menuju pencapaian positif pengelolaan lingkungan hidup lainnya di tahun 2018.

Selain itu, pada penghargaan tahun 2017 ini, Pertamina (Persero) dan anak usahanya meraih 11 dari total 19 emas yang berarti lebih dari setengah dari total penerima Proper Emas yang diberikan oleh pemerintah kepada pelaku usaha. 11 Proper Emas itu diraih melalui beberapa anak usaha, yaitu Pertamina Hulu Offshore North West Java (ONWJ), Pertamina EP Tarakan Field, Terminal BBM Bandung, Pertamina Hulu Energi West Madura Offshore, Pertamina EP Rantau Field, Joint Operating Body Talisman Jambi Merang, Refinery Unit VI Balongan di Indramayu, PT Badak NGL Bontang, Terminal BBM Rewulu di Yogyakarta, Pertamina Geothermal Energy Kamojang di Garut, dan DPPU Ngurah Rai, Denpasar. Penghargaan PROPER emas merupakan penghargaan lingkungan tertinggi disusul penghargaan PROPER hijau dengan kriteria lebih dari taat terhadap aturan pengelolaan lingkungan (beyond compliance).

Penghargaan PROPER diberikan setiap tahun kepada perusahaan untuk mendorong ketaatan industri terhadap lingkungan hidup sesuai dengan undang-undang No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Penilaian yang dilakukan meliputi kinerja efisiensi energi, konservasi air, pengurangan emisi, perlindungan keanekaragaman hayati, 3R limbah B3 dan limbah padat Non-B3 serta pengurangan kesenjangan sosial melalui penerapan program pemberdayaan masyarakat.

 

 

Reporter : Agus Siswanto
Editor     : Codet Carladiva