Kapolri Pimpin Upacara Sertijab Kapolda Kepri

Jakarta, beritakarimun.com – Polisi Republik Indonesia mengadakan upacara serah terima jabatan (sertijab) tiga kapolda dan dua pejabat Polri. Upacara sertijab ini sesuai dengan surat telegram Kapolri nomor ST/2750/XI/2017 yang diteken Asisten bidang SDM Kapolri, Irjen Arief Suliatyanto dan diterbitkan pada 16 November 2017 lalu.

Upacara serah terima jabatan dipimpin oleh Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian, yang bertindak sebagai inspektur upacara. Upacara berlangsung pukul 08.35 WIB.

“Bahwa sumpah yang akan diucapkan saudara, disaksikan oleh yang hadir di ruangan ini dan oleh Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga apabila saudara melanggar sumpah ini, akan menjadi konsekuensi pribadi saudara, baik di dunia maupun di akhirat,” ujar Tito kepada para jenderal yang terlibat sertijab, di Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (29/11).

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya selaku pejabat Kepolisian Negara Republik Indonesia akan setia dan taat sepenuhnya kepada Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujar Tito diikuti para jenderal yang terlibat sertijab.

Dalam surat telegram tersebut, tertulis jabatan Kapolda Sulsel diberikan Irjen Muktiono kepada Irjen Umar Septono. Irjen Muktiono mendapat promosi sebagai Koorsahli Kapolri, menggantikan Irjen Iza Fadri yang sedang persiapan menjadi Dubes Myanmar dan dimutasi sebagai Anjak Utama Bidang NCB Interpol Indonesia Divisi Hubungan Internasional Polri.

Sementara itu Irjen Umar Septono menyerahkan jabatan Kakorsabhara Baharkam Polri kepada Irjen Sudjarno yang sebelumnya Anjak Utama Bidang Sabhara Baharkam Polri.

Selanjutnya, jabatan Kapolda Kepri Irjen Sam Budigusdian diberikan kepada Irjen Didid Widjarnadi yang sebelumnya bertugas di Lemhana. Giliran Irjen Sam mendapat penugasan di Lemhanas.

Kemudian jabatan Kapolda Kalbar diserahkan Irjen Erwin Triwanto kepada Brigjen Didi Haryono, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kepri. Irjen Erwin dimutasi sebagai Anjak Utama Bidang Akpol Lemdiklat Polri.

Selain itu jabatan Kapuslitbang diserahkan Brigjen Sistersins Mamadoa kepada Kombes Indro Wiyono yang sebelumnya menjabat sebagai Sesputlitbang Polri. Brigjen Sistersins dimutasi sebagai Anjak Utama Bidang Pidana Korupsi Bareskrim Polri.

Terakhir, jabatan Kepala Pelayanan Markas (Kayanma) Polri diberikan Kombes Budi Widjarnako kepada Kombes Yudi Amsyah. Kombes Budi mendapat promosi sebagai Wakapolda Bengkulu.

 

 

Editor : Codet Carladiva