Bank BNI Kembali Dipercaya Salurkan Bantuan ASPDB dan ASLUT

Karimun, beritakarimun.com – Sebagai bentuk nyata kepedulian pemerintah terhadap penyandang disabilitas berat, pemerintah menyediakan bantuan khusus untuk penyandang disabilitas berat melalui kartu Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB), Bank Negara Indonesia (BNI) dipercaya sebagai bank penyaluran bantuan sosial oleh Direktorat Sosial Lanjut Usia Kementerian Sosial melalui kegiatan Program Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) dan Pemberian Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB).

“Ini cara Heroik BNI Salurkan Bansos untuk 1150 Lansia dan 1116 Penyandang Disabilitas
Bertepatan dengan hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November 2017, dengan dilandasi semangat pahlawan tersebut segenap insan BNI yang berada di wilayah Padang khususnya bahu membahu memberikan aksi sosial kepada segenap masyarakat di wilayah ini. Selain itu sebagai bank yang terlahir dari perjuangan bangsa ini, BNI Mewujudkan komitmen dalam memberikan layanan inklusi keuangan dan mendukung Program Pemerintah,” ujar Irwansyah kasuma putera yang merupakan Pemimpin Cabang BNI Tanjung Balai Karimun, Kamis (30/11).

Irwansyah mengatakan, untuk secara keseluruhan, Program Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) akan diberikan kepada 30.000 lanjut usia yang masing-masing akan menerima Rp200 ribu per bulan di 34 provinsi, 418 Kabupaten/Kota, 1.531 Kecamatan dan 4.492 Desa. Sedangkan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB) diberikan kepada 22.500 penyandang disabilitas berat yang masing-masing akan menerima Rp300 ribu per bulan di 34 Provinsi, 366 Kabupaten/Kota, 4.407 Kecamatan.

“Untuk program ASLUT memiliki kriteria lanjut usia berusia 60 tahun ke atas dengan kondisi bedridden atau sakit menahun terlantar (bergantung pada bantuan orang lain atau pendamping), tidak tinggal bersama keluarga dan tidak berpenghasilan tetap. Sementara untuk program Kriteria penerima ASPDB adalah penyandang disabilitas berat berusia 2 hingga 59 tahun, disabilitasnya tidak dapat direhabilitasi, dan hidup bersama keluarga miskin.

Irwansyah juga mengatakan, untuk Kabupaten Karimun sendiri diberikan kepada 11 Kecamatan dengan jumlah 50 orang penerima bantuan Asistensi Sosial Lanjut Usia Terlantar (ASLUT) dan 38 orang penerima bantuan Asistensi Sosial Penyandang Disabilitas Berat (ASPDB).

“Untuk di Kabupaten Karimun sendiri, kita membantu menyalurkan secara langsung ke rumah penerima bantuan ASLUT maupun ASPDB di 11 Kecamatan, tanpa ragu mendatangi rumah penerima manfaat dan kami bisa melihat dan merasakan langsung kondisi penerima bantuan tersebut. Dalam penyerahan tersebut juga kami didampingi langsung oleh Bupati Karimun bapak Aunur Rafiq bersama Dinas Sosial. Tentunya kami sangat bangga karena dipercaya sebagai bank penyaluran bantuan sosial yang mana kami dapat terjun langsung melihat dan merasakan kesulitan saudara-saudara kita.” tutup Irwansyah

 

 

Reporter  : Nichita Bella
Editor       : Codet Carladiva