Peduli Soal Keselamatan Pelayaran, Danlanal Karimun Kumpulkan Para Nelayan

sebarkan:

Karimun,beritakarimun.com – Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun Menggelar Sosialisasi Peningkatan kepedulian Keselamatan pelayaran serta Menjaga Hubungan Harmonis Antar Nelayan Kabupaten Karimun, Rabu (15/11) di Aula Yos Sudarso Lanal TBK.

Komandan Lanal Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (P) Totok Irianto mengatakan, Dalam Pelayaran Faktor Keselamatan dan Kewaspadaan saat melakukan Aktivitas melaut menjadi hal yang Mutlak Untuk diperhatikan.

“Saat berlayar faktor keselamatan sangat perlu diperhatikan, Untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan saat melaut,” Ujar Letkol Totok.

Orang nomor satu di TNI AL Tanjung Balai Karimun tersbeut Mengatakan, Jika terjadi Insiden atau Menemukan hal yang Mencurigakan dilaut agar dapat langsung Melaporkan kepihak terkait untuk segera diproses dan ditindak.

“Jika menemukan sesuatu yang janggal, dapat melaporkan ke kita Atau pihak-pihak terkait,” Ujar Totok.

Peran serta nelayan juga sangat dibutuhkan dalam mengantisipasi adanya Aktivitas Peredaran Narkotika, Ilegal Fishing, Maupun Penyeludupan Senjata.

“Nelayan merupakan Mata Telinga dilaut, apa yg terjadi dilaut agar dilaporkan seperti Buang Limbah, giat ilegal Narkoba dan Senjata,” ujar Totok.

Totok juga Menjelaskan, 12 mil dari daratan adalah hak Teritorial Nelayan Tradisional, Oleh karna itu. Jika mendapati kapal Asing masuk agar segera melaporkan hal tersebut.

“12 mil dari daratan adalah hak nelayan tradisional, untuk itu jika ada Kapal Asing yg masuk agar segera dilaporkan. Sebagai lokasi pembatas dilaut bisa dilihat di Peta dan dilaut tdk ada tanda pembatas, agar Nelayan membawa JPS saat dilaut,” tutup Totok.

Selain itu, Dalam Kegiatan tersebut turut membagikan sebanyak 50 unit Life Jaket Kepada Masyarakat nelayan yang ada di Kabupaten Karimun.

 

 

Reporter : Kaisar
Editor       : Codet Carladiva