Peringati Hari Pahlawan, Dispora Gelar Marathon 45 Km

sebarkan:

Karimun,beritakarimun.com – Dalam Rangka Memperingati hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karimun menggelar Lomba Juang Marathon sejauh 45 Km, Sebanyak 63 regu ikut serta dalam event pertamakalinya dilaksanakan di Karimun tersebut.

” Dengan adanya lomba juang marathon ini kita harapkan dapat membangkitkan semangat pahlawan, bela negara dan wawasan kebangsaan dalam diri peserta. Sebanyak 63 peserta terdiri dari 49 putra dan 14 putri,” ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Kabupaten Karimun Yusrial Mahyudin, Minggu (12/11).

Peserta lomba juang marathon tersebut Masing-masing terdiri dari kategori SMA dan Umum, Ormas, Mahasiswa, Instansi TNI dan Polri dengan menempuh jarak 45 Kilometer dengan titik pemberhentian sebanyak tiga pos, yakni dua pos dikawasan Kecamatan Meral, satu pos diwilayah Kecamatan Karimun.

” Setiap regu diisi lima orang, mereka berlari sambil membawa bambu runcing sepanjang 160 cm,” ujar Yusrial.

Meski baru Pertama kali digelar, kegiatan ini direncanakan akan menjadi even tahun dalam memperingati hari pahlawan yang jatuh pada 10 November.

” Akan ada 10 regu yang akan menjadi pemenang, diantaranya lima putra dan lima putri. Juara I akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 10 juta, juara II Rp 8 juta dan juara III Rp 6 juta. Sementara juara harapan I sampai III masing-masing Rp 4,5 juta sementara sisanya akan mendapat Rp 2 juta. Pembagian hadiah akan kita laksanakan Sabtu pekan depan,” Ujar Yusrial.

Peserta lomba Juang Marathon langsung dilepas Bupati Karimun Aunur Rafiq didampingi Wakapolres Karimun Kompol I Gede Ngurah Joni dan anggota DPRD Karimun. Dalam sambutannya, Bupati Karimun mengatakan, agenda lomba juang marathon dilaksanakan merupakan uji coba pertamakalinya. Apabila agenda ini mendapatkan animo yang tinggi dari Masyarakat dan pemuda di Karimun, maka tahun depan Lomba Juang Marathon bisa digelar lebih besar dan meriah.

” Ini sebagai uji coba, melihat animo masyarakat dan pemuda. Jika animo tinggi, tahun depan kita akan gelar lebih besar lagi dengan mengundang peserta dari luar Karimun,” Ungkap Bupati Rafiq.

 

 

 

Reporter : Kaisar
Editor      : Codet Carladiva