Gedung Putih Pemkab Karimun Luncurkan Aplikasi Klinik Egoverment

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Humas Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun akan buka aplikasi klinik Egoverment yang berfungsi mempermudah pelayanan di kalangan pemerintah hingga ke masyarakat, hal tersebut di tuangkan dalam dialog bulanan Jurnalis Karimun yang diadakan di ruang rapat cempaka putih Gedung Pemkab Karimun, Selasa (31/10).

“Kita lakukan kegiatan dialog bulanan Jurnalis Karimun dengan tema Egoverment, dalam dialog tersebut kita membahas tentang bagaimana cara kerja kita dalam menerapkan aplikasi klinik Egoverment yang kita beri nama KLINEGO yang bisa didownload melalui Playstore Android masing-masing, hal tersebut kita ciptakan dengan tujuan agar mempermudah konsultasi penyelenggaraan Egoverment atau Sharing data antar operator setiap OPD di Pemda Karimun melalui aplikasi berbasis Android. Dengan era teknologi informasi yang begitu pesat sekarang ini, di mana pemanfaatan teknologi dan komunikasi itu juga harus juga diselenggarakan oleh pemerintah daerah,” Ujar Kabag Humas Pemkab Karimun, Eko Riswanto.

Untuk mengupas penerapan Egoverment, panitia menghadirkan empat narasumber yang berkompeten dan membidangi hal tersebut. Yaitu Kabag Humas Pemkab Karimun Eko Riswanto, Kasubag Pusat Pelayanan Informasi Dokumentasi (PPID) Humas Pemkab Karimun Afani Naufalina, Staf PPID Humas Pemkab Karimun Mistlyana serta Ketua Jurnalis Karimun Ilfitra.

“Sebelum melakukan dialog, kita awali dengan uji coba aplikasi klinik egoverment dengan menghadirkan operator seluruh OPD, dalam uji coba yang kita lakukan, gambaran kendala satu saja, aplikasi OPD belum semua berjalan sehingga fitur-fitur di dalam aplikasi tersebut masih kurang. Nantinya kita akan menerapkan 4 fitur, seperti fitur informasi terdiri dari website-wibsite seluruh OPD di Pemda Kabupaten Karimun. Kita juga akan adakan fitur layanan untuk masyarakat. Jika sudah tercover Informasi Publik, kita juga membuka fitur pengadun, kita coba komunikasi antara kita dan berhasil, setelah uji coba kita akan mengadakan penyempurnaan. Untuk sosialisasi akan kita laksanakan setelah aplikasi berjalan,” Ujar Eko.

Eko mengatakan, dengan menerapkan sistem tersebut juga dapat memberikan keuntungan bagi pemerintah.

“Keuntungan untuk pemerintah kita lebih memudahkan untuk memberikan pelayanan ke masyarakat dan juga efisiensi, ke depan kita tidak perlu menggunakan Atk , e ofice biasanya kita menggunakan desposisi surat menggunakan manual pena, kedepan desposisi melalui aplikasi e ofice. mulai surat masuk melalui aplikasi lanjut ke asisten dan sekda hingga bupati nantinya,” ujar Eko.

Sementara, Ketua Jurnalis Karimun (JK) yang juga selaku narasumber dalam dialog tersebut, Ilfitra mengatakan selain memiliki keunggulan, aplikasi Klinik Egoverment itu juga memiliki kekurangan yang mengkhawatirkan.

“Sistem tata kelola melalui e-government merupakan instrumen yang sudah lama. Sebab, sudah banyak daerah di Indonesia yang terapkan sistem ini. Yang mengkhawatirkan seperti tindakan hacker yang biasa dilakukan oleh orang tak bertanggung jawab yang memiliki keahlian. Kita juga meminta kepada para pimpinan OPD agar lebih transparan dalam memberikan informasi kepada jurnalis. Dengan begitu, tidak akan berujung pada proses peradilan.” ujar Ilfitra.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor       : Codet Carladiva