Dinas Pertanian Kabupaten Karimun Luncurkan Aplikasi Android

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Untuk memudahkan Pemerintah dalam hal pengelolaan hasil panen berupa nanas dan juga pisang Pemerintah Kabupaten Karimun melalui Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Karimun membuat gagasan baru dengan menggunakan sistem berbasis Android, Selasa (31/10).

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Karimun Muhammad Affan mengatakan Sistem berbasis Android tersebut guna memantau jumlah produksi hasil panen Nanas dan Pisang di Wilayah Kundur yang nantinya akan dikirim kenegara tetangga SingapUra, yang nantinya untuk memenuhi kuota ekspor sebanyak 20 Ton perminggunya.

“Sistem berbasis android ini nantinya berguna untuk memantau hasil panen buah nanas dan pisang di pulau kundur, dan nantinya hasil panen tersebut akan dikirim ke negara tetangga yaitu ke singapore, oleh karena itu kami membutuhkan data yang pasti untuk mengekspor sebanyak 20 ton perminggunya, ” Ujar Affan.

Affan juga mengatakan melalui program aplikasi yang dibuat tersebut ada petugas dari dinas yang nantinya diturunkan kelapangan untuk mendata dan data tersebut nantinya akan dimasukkan ke aplikasi tersebut.

“Melalui aplikasi yang dibuat, ada penyuluh yang dipekerjakan dari dinas yang setiap hari terjun ke lapangan mendata bahwa minggu ini si petani A ada panen 1 ton, petani B ada panen 3 ton. Penyuluh nanti yang masukkan data ke aplikasi tersebut jadi pas seminggu 20 ton tersebut sudah terpenuhi, dan sudah masuk datanya langsung ke server kami,” Ujar Affan.

Pada aplikasi tersebut sudah ditargetkan untuk masukkan maksimal hanya 20 ton, dan nantinya jika data yang ditargetkan melebihi kepasitas maksimal maka data tersebut akan ditolak.

“Sudah dikunci targetnya sebanyak 20 ton saja, jika lebih nanti datanya akan ditolak sendiririnya dan masuk pada minggu berikutnnya. Dari aplikasi tersebut juga kita bisa lihat penyuluhnya bekerja atau tidak, karena mereka ujung tombak kita. Bisa saja mereka bilang ke lapang padahal tidak. Bisa dilihat melalui aplikasi ini,” tutup Affan.

 

 

Reporter : Putri Permata Sari
Editor      : Codet Carladiva