Peringati Sumpah Pemuda, SMP N 1 Meral Pamer Pawai Budaya

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Guna memperingati Peristiwa yang menjadi satu tonggak penting dalam sejarah pergerakan nasional bangsa Indonesia, SMP Negeri 1 Meral Karimun gelar aksi pawai serta Fashion Show adat Nusantara di Sekolahnya, Sabtu (28/10).

Kepala SMP Negeri 1 Meral Karimun, Romanda Siallagan menjelaskan tujuannya menggelar Pawai serta Fashion Show adat Nusantara yang diikuti oleh seluruh siswa siswinya itu.

“Hari ini kita menggelar beberapa acara yang bertujuan untuk memperingati hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober. Kita awali dengan Upacara yang mana di dalam upacara tersebut diulang kembali pembacaan putusan Kongres Pemuda 1928,” ungkap Romanda.

Romanda mengatakan, usai upacara, pihaknya langsung melanjutkan acara pawai yang mengikut sertakan seluruh siswa siswinya dengan menggunakan pakaian adat.

“Abis upacara, kita langsung bergerak untuk melaksanakan Pawai yang dimulai dari sekolah, melewati jalan Sungai pasir dan kemudian berjalan hingga Kantor Wilayah Bea Cukai Kepri dan kembali ke sekolah, adapun bertujuan untuk membuat para siswa siswi semakin kuat, pantang menyerah dan menciptakan semangat kebersamaan para siswa yang merupakan generasi muda penerus bangsa, juga membuat para siswa siswi tetap melaju dengan bijak dalam memperdalam ilmu pengetahuan.” ujar Romanda.

Romanda mengatakan, selain pawai sekolahnya juga mengadakan Fashion Show yang diikuti oleh perwakilan kelas dari kelas 7 hingga kelas 9.

Dengan perlombaan tersebut, Romanda mengatakan bahwa hal itu termasuk upaya mereka untuk membuktikan bahwa mereka mampu membuat anak-anak menyelaraskan bahasa dan budaya.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva