Berlagak Pengusaha Sukses, Pria Ini Tipu Para Pengusaha di Karimun Hingga Miliaran Rupiah

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Abraham Beda (26th), pemuda kelahiran Pulau Buru Kabupaten Karimun, berhasil diringkus Jajaran Satuan Reserse dan Kriminal Polres Karimun karena telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan uang sejumlah miliaran rupiah yang dilaporkan sejak Agustus 2017 lalu.

“Kita menerima laporan dari Buyung yang merupakan pengusaha muda yang mengaku ditipu oleh Abraham alias Along pada tanggal 21 Agustus 2017 dengan Laporan Polisi nomor LP-B/103/VII/2017/Kepri/APK-Res Karimun,” ujar Kepala Reserse dan Kriminal Polres Karimun AKP Lulik Febyantara, Jumat (27/10).

Tersangka Abraham alias Along diketahui telah menjadi buronan polisi sejak Mei 2017 yang melakukan penipuan dengan modus sebagai pengusaha muda dan berhasil menipu beberapa orang pengusaha di Karimun.

“Berdasarkan laporan yang kita terima, Abraham meminjam uang kepada korban sebesar Rp 30.000.000 dengan jaminan satu unit mobil Honda CRV pada tanggal 30 Juni 2017. Selanjutnya pada tanggal 1 juli 2017 Abraham kembali meminjam uang kepada korban sebesar Rp 100.000.000 dengan alasan untuk menebus surat tanah miliknya yang sedang digadaikan. Setelah itu Abraham memberikan sertifikat tanah tersebut kepada Buyung sebagai jaminan,” ujar AKP Lulik.

AKP Lulik menjelaskan, pada 4 Juli 2017 lalu, Abraham kembali meminjam uang korban sebesar Rp 50.000.000 dengan alasan untuk menebus dua unit mobil miliknya yang telah digadai. Atas jaminan pinjaman tersebut Abraham menyerahkan satu unit mobil Toyota Avanza warna putih. Setelah berjanji mengembalikan hutang-hutangnya, Abraham malah menghilang dan tidak dapat dihubungi korban. Korban merasa tertipu karena sertifikat tanah dan mobil yang dijaminkan Abraham tidaklah atas namanya sendiri.

“Atas kejadian tersebut korban mengaku mengalami kerugian sebesar Rp 160.000.000 dan melaporkan kepada kita,” jelas Lulik.

Setelah melakukan pencarian dan melidik keberadaan tersangka selama tiga bulan. pada pertengahan Oktober 2017, Polisi berhasil meringkus tersangka di Bengkong Batam. Penangkapan dilakukan setelah Tim Macan Hitam Polres Karimun menerima laporan bahwa tersangka berada di Batam.

“Kita amankan tersangka, saat diinterogasi dia mengakui telah melakukan tindak pidana penipuan dan penggelapan terhadap Buyung dan beberapa korban lainnya. Selanjutnya tersangka langsung kita giring ke Mapolres Karimun untuk pemeriksaan lebih lanjut. Kita telah menerima beberapa laporan dari korban ulah Abraham. Bahkan, Abraham juga mengaku bahwa dia berhasil menipu korbannya hingga miliaran.

“Yang kerugian Rp 2 miliar korbannya belum membuat laporan resmi. Saat ini kita masih arahkan untuk melengkapi bukti-buktinya. Untuk sementara kita telah amankan barang bukti berupa kwitansi, bundel surat sertifikat tanah, satu unit mobil Toyota Avanza warna putih yang dijaminkan Abraham pada korban Buyung. Diketahui Abraham meminjam uang kepada Buyung sebesar Rp 160 juta dengan jaminan tanah dan mobil yang bukan atas namanya sendiri.” tutup AKP Lulik.

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva