Demi Promosi Kepri, Gubernur Nurdin Rela Berjoget Melayu di Jakarta

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, Nurdin Basirun gandeng Sanggar Pelangi Budaya Studio asal Kabupaten Karimun untuk menampilkan 15 tarian melayu di Kota Tua Jakarta.

Kegiatan yang bertajuk Kemilau Kepri 2017 yang sengaja digelar di Jakarta ini bertujuan mempromosikan Kepulauan Riau di mata warga Indonesia.

“Kami memperkenalkan potensi dan destinasi wisata yang dimiliki Kepri di Ibu Kota Jakarta, dengan tujuan menarik wisatawan. Pemprov Kepri juga telah bekerjasama dengan Forum Betawi. Kepri yang merupakan miniatur Indonesia, memiliki beragam seni dan budaya serta destinasi wisata yang sangat layak untuk di kunjungi. Bahkan oleh pemerintah pusat, Kepri di targetkan mampu mendatangkan lebih dari dua juta wisawatan. Dalam event yang kita lakukan ini, kita menggandeng Sanggar Pelangi Budaya Kabupaten Karimun untuk dapat membantu mempromosikan tarian sebaik mungkin, selain itu juga kami memperkenalkan kuliner dari Kepri yang bisa menjadi daya tarik sendiri,” ujar Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat memberikan sambutan pada acara promosi Kemilau Kepri 2017, di Jakarta, minggu (22/10).

Di tempat yang sama, Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Perekonomian,
Nuryanto yang juga selaku mantan Gubernur Kepri mengaku sangat mendukung untuk Provinsi Kepulauan Riau melakukan promosi.

“Kepulauan Riau memiliki banyak potensi dan destinasi, seperti Tanjung Pinang
memiliki wisata sejarah Pulau Penyengat, Bintan, Anambas, Natuna yang memiliki destinasi wisata Pantai yang sangat indah. oleh karena itu dibutuhkan promosi agar
dikenal. Nah salah satunya acara ini, dan kami dari Kementerian Dalam Negeri
sangat mendukung,” ujar Nuryanto.

Sementara itu, Pimpinan Pusat Latihan Seni (PLS) Pelangi Budaya Studio, Ahadian Zulseptriadi mengaku bangga dengan penampilan para penarinya, diacara kemilau Kepri
di Jakarta. Diharapkan kegiatan ini dapat berkelanjutan, untuk mempromosikan
Kepulauan Riau, yang salah satunya adalah Budaya Melayu.

“Kami mempersembahkan sekitar 15 tarian melayu dalam acara ini yang kita awali dengan tari persembahan (Makan Sirih), selain itu juga kita sajikan tari Liuk Kompang, tari New Zapin, tari langkah Seayun, tari Joget Bertandak, tari Pesona Budaya Nusantara, tari Joget Lambak, tari Zapin Teluk Belanga ( Penari Latar), tari Empat Dara ( Penari Latar), tati Zapin Melayu ( Penari Latar ), tari Joget Karimun, tari Pandang Pandang Jeling Jeling, tari Joget Berhibur, tari Laksemana Raja di Laut dan sebagainya. Alhamdulillah para penonton terpukau dengan penampilan para penari. Saya berharap bapak Gubernur dapat terus memperhatikan dan mensupport kami yang memang ingin mengembangkan seni, sehingga seni di Kepri tidak punah dan dapat dinikmati oleh masyarakat sehingga menarik para wisatawan untuk menikmati wisata di Kepri,” tutup Ahadian.

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva