TNI AL Kembali Gagalkan Penyeludupan Sabu 3 Kilo di Perairan Takong Hiu

sebarkan:

Tanjung Pinang, beritakarimun.com – Tim Satuan Tugas (Satgas) Anti Narkoba Western Fleet Quick Response (WFQR) IV dan Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun (TBK) berhasil menangkap Narkoba senilai Rp. 3.937.000.000 di Perairan Timur Pulau Takong Hiu Tanjung Balai Karimun, Jumat (20/10).

Narkoba yang berhasil ditangkap tersebut berupa sabu seberat 3 Kg senilai Rp 3.000.000.000,- dan pil happy five s(H5) banyak 2250 butir dan ekstasi cap play boy 2132 butir senilai Rp. 937.000.000, Narkoba tersebut dibawa tiga orang kurir menggunakan speed boat bermesin 40 PK.

Keberhasilan Tim Satgas Anti Narkoba WFQR IV dan Lanal TBK ini merupakan proses yang panjang serta hasil pengembangan dari beberapa kasus penangkapan narkoba sebelum. Penangkapan kali ini diawali dengan adanya laporan masyarakat nelayan tentang adanya speed boat tidak dikenal dan bukan kepunyaan nelayan yang sering melintas di sekitar Perairan Tekong Hiu.

Berdasarkan informasi tersebut Tim Satgas Anti Narkoba WFQR IV dan Lanal TBK segera menyusun strategi untuk proses penyekatan dan penangkapan. Setelah tim dibagi menjadi dua yakni tim pengintai dan tim penyekatan selanjutnya ditentukan titik-titik untuk memudahkan proses penangkapan speed boat yang dimaksud.

Strategi yang diterapkan membuahkan hasil dengan terlihatnya speed boat melaju dengan kecepatan tinggi melintas di Perairan Tekong Hiu Tanjung Balai Karimun. Pantauan visual tim pengintai langsung diteruskan ke tim penyekat yang menggunakan Patkamla Combat Boat, Patkamla Pegassus dan Patkamla V8 ditambah dengan tiga speedboat nelayan.

Setelah menerima informasi dari tim pengintai Patkamla Combat Boat segera melakukan proses Penghentian, Pemeriksaan dan Penangkapan (Henrikan) pada Posisi 1° 12’ 157” Lintang Utara dan 103° 21’ 969” Bujur Timur di sekitar Perairan Timur Pulau Takong Hiu Tabjung Balai Karimun. Dari proses Henrikan diketahui speed boat tersebut bermesin 40 PK dengan 3 orang ABK terdiri dari satu orang WNI berinisial AJ dan dua orang WNA asal Malaysia berinisal N dan ZF. Ketiganya membawa Narkoba jenis sabu seberat 3 Kg, dan pil terdiri dari happy five 2250 butir dan ekstasi 2000 butir.

Selanjutnya untuk proses pemeriksaan lanjutan ketiga kurir dan barang bukti Narkoba berupa sabu, happy five dan ekstasi tersebut di bawa menuju Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjung Pinang.

 

 

Reporter : Kaisar
Editor      : Codet Carladiva