Soal Transparansi Dana Desa Pongkar, Polsek Tebing Lakukan Monitoring

sebarkan:

Karimun,beritakarimun.com – Bhayangkara Pembinaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) Desa Pongkar Melakukan Monitoring dan Publikasi terhadap Dana desa pongkar kecamatan Tebing, Jum’at (20/10).

Kebijakan ini dilakukan Menindaklanjuti Berdasarkan Kesepakatan antara Polri, Mendagri, dan Kementerian Desa Republik indonesia yang telah menjalin Nota Kesepahaman (MoU) Tentang Pencegahan, Pengawasan, penanganan permasalahan dana desa di Masing-masing wilayah.

Pada Monitoring yang lakukan oleh jajaran Polsek Tebing diketahui dana yang terserap oleh Desa Pongkar Kecamatan Tebing tercatat sebesar Rp. 1.238.106.300,00 (Satu milyar dua ratus tiga puluh delapan juta seratus enam ribu tiga ratus rupiah) dari masing-masing dua realisasi Penerimaan yakni Dana Desa (DD) Senilai Rp. 853.165.000,00 dan Alokasi Dana Desa (ADD) Sebesar Rp.. 384.941.000,00.

Dilansir dari detik.com Optimalisasi Pengawasan terhadap Dana Desa ini Tunggal dilakukan oleh para Kapolsek dan Bhabinkamtibmas di masing-masing wilayah yang ada.

“Pengawasan dana Desa ini kita sepakati tunggal yang mengawasi, yaitu kapolsek dan bhabinkamtibmas,” Ujar Menteri dalam Negeri Tjahyo Kumolo di gedung Rupatama Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jum’at (20/10).

Dalam Nota Kesepahaman (MoU) yang berlaku hingga 2 tahun kedepan itu, Tjahyo mengatakan pekan depan Kemendagri akan Mengumpulkan para wali kota/bupati se-indonesia untuk menekankan tidak boleh adanya upaya intervensi terhadap Kapolsek dalam pengawasan dana desa.

“Bupati dan wali kota minggu depan akan kami Kumpulkaan sampai ke camat, dalam upaya tidak boleh intervensi peran kapolsek dan Kapolres dalam hal pengawasan dana desa” Ujar Tjahyo Kumolo.

Sementara itu dalam Arahanya, Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin Mengungkapkan para kapolsek merupakan ujung tombok dalam optimalisasi pengawasan dana desa di wilayah.

“Kapolsek dan bhabinkamtibmas jajaran adalah ujung tombak dari pendampingan dan pengawasan terhadap aplikasi Dana desa, “Ujar AKBP Agus, Jum’at (20/10).

AKBP Agus juga mengatakan. Agar melakukan pembuatan laporan secara berkala dan insidentil kepada Kapolres untuk dapat dilaporkan kepada Kapolda.

“Laksanakan pembuatan laporan secara berkala dan insidentil kepada kapolres dan selanjutnya dilaporkan kepada Kapolda,” tutup AKBP Agus.

 

 

Reporter : Kaisar
Editor      : Codet Carladiva