Kapolres Karimun Ajak Muspida Musnahkan Barang Bukti Narkoba

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Agar tidak terjadi kecurigaan dari semua pihak, Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin mengajak Muspida menyaksikan dan ikut memusnahkan barang bukti hasil penindakan Satuan Reserse Narkoba Polres Karimun berupa Narkoba jenis Sabu dan Ganja Kering di Lapangan Mapolres Karimun, Selasa (12/9).

Pemusnahan yang yang dilakukan kali ini merupakan hasil penindakan dua kasus oleh Sat Narkoba Polres Karimun, yang pertama berupa 3 paket besar narkoba jenis Sabu dengan berat 300,1 gram seharga 180 juta rupiah yang dibawa oleh seorang remaja Tanjung Batu berinisial RF (18th) yang ditangkap di Pelabuhan Antar Pulau Sri Tanjung Gelam, Kelurahan Tanjungbalai Kota, Selasa (22/8) lalu sekira pukul 22.00 WIB.

Baca Juga: Tukang Pikul Sabu Kundur-Karimun Akhirnya Dibekuk Satresnarkoba Polres Karimun

Untuk barang bukti selanjutnya berupa ganja kering yang didapatkan di perkarangan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Tanjungbalai Karimun pada saat petugas Rutan sedang melaksanakan Sholat Jumat berjamaah, Jumat (18/8) seberat 43,12 gram dan temuan pada hari Senin (4/9) lalu sekira pukul 21.00 wib berupa ganja kering seberat 35,59 gram. Kemudian barang bukti temuan berupa ganja kering seberat 19,82 gram yang dicampakkan dan ditemukan oleh pihak kejaksaan di Pengadilan Negeri Tanjung Balai Karimun di sekitaran di dekat sel tahanan pada saat ingin melakukan sidang di Pengadilan yang diserahkan ke pihak Pengadilan dan pihak Pengadilan serahkan ke Sat Narkoba Polres Karimun pada 9 Agustus 2017 lalu.

“Kita sengaja mengundang Muspida untuk melakukan pemusnahan barang bukti berupa narkoba jenis sabu dengan total berat 300,1 gram dan ganja kering dengan total berat 98,53 gram dari hasil tiga temuan pada bulan Agustus dan September 2017,” ungkap Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin.

Komitmen bersama Muspida terkait pemberantasan narkoba, Menurut AKBP Agus tentunya sangat kuat, maka dari itu pihaknya menghadirkan semuanya untuk menjadi saksi serta turun tangan langsung memusnahkan barang bukti tersebut.

“Saya minta pemusnahan harus dilaksanakan, instansi lain kita undang agar sama-sama tau dan menyaksikan hingga turun tangan langsung lakukan pemusnahan, langkah kita sama-sama satu irama, sama-sama satu komitmen untuk menanggulangi masalah narkoba. Kita harus tau bahwa kita dekat dengan Malaysia, jangan sampai kita menjadi jalur dari perdagangan narkoba. Apabila ada kapal-kapal bermesin 3 atau 4 yang malam-malam bergerak kita wajib mengecek, waspadai hal itu. Mudah-mudahan kita bisa semakin bersinergi dalam memberantas penyelundupan narkoba sehingga kita dapat menyelamatkan masa depan anak bangsa.” ujar AKBP Agus.

Dalam pemusnahan barang bukti tersebut dihadiri oleh Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) terdiri dari Bupati, Kapolres, Dandim, Danlanal, perwakilan Kepala Kejaksanaan Negeri (Kajari),Ketua Pengadilan Negeri (PN) dan Kepala Rutan Tanjung Balai Karimun, Pemusnahan dilakukan secara bersamaan, namun sebelum melakukan pemusnahan, terlebih dahulu dilakukan tes barang bukti berupa narkoba jenis sabu dan ganja kering agar terbukti keaslian dari barang bukti tersebut. Untuk Sabu dimusnahkan dengan cara dilarutkan didalam ember yang berisikan air panas, sedangkan untuk ganja kering dimusnahkan dengan cara dibakar.

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva

Bagaimana Menurut Anda?

comments

Sebarkan: