Bawa Ganja Dari Malaysia, TKI Asal Tanjung Samak Ditangkap Bea Cukai karimun

Karimun, beritakarimun.com – Nekad membawa ganja dari Kukup Malaysia, Efendi (25th) yang merupakan warga Tanjung Samak terpaksa ditangkap dengan pihak Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean B Tanjung Balai Karimun, di pelabuhan Internasional Kabupaten karimun, Rabu (16/8).

Kepala KPPBC Tanjung Balai Karimun Bernhard melalui Kepala Pelayanan Bea dan Cukai, Soewito menjelaskan kronologis kejadian saat tertangkapnya pria Tanjung Samak itu.

“Penangkapan Efendy berawal ketika kecurigaan petugas kita yang mencurigai gerak-gerik salah satu penumpang dari Kukup Malaysia dengan menggunakan Ferry Mv Trans JB yang akan melalui pemeriksan X Ray sehingga petugas kita kemudian melakukan pemeriksaan mendalam terhadap penumpang itu dan kita temukan 1 bungkus diduga Narkotika Golongan I Jenis ganja yang disimpan di dalam saku celana sebelah kanan depan. Selanjutnya E kita giring ke KPPBC TMP B untuk pemeriksaan lebih lanjut,” Ungkap Soewito.

Soewito mengatakan, pemuda tersebut merupakan warga Tanjung Samak yang bekerja sebagai buruh bangunan di Malaysia.

“Katanya dia kerja sebagai buruh bangunan di Malaysia, dia hanya transit saja di Pelabuhan Karimun dan akan langsung menuju Tanjung Samak Katanya. Berdasarkan hasi penimbangan diketahui bahwa berat ganja tersebut lebih kurang 1,34 gram, dia mengaku mendapatkan barang tersebut dari temannya di Malaysia yang katanya untuk digunakan sendiri.” ujar Soewito.

Pelaku diketahui telah melanggar pasal 102 huruf E Undang- undang nomor 17 tahun 2006 tentang perubahan atas undang- undang nomor 10 tahun 1995 tentang kepabeanan yaitu menyembunyikan barang impor berupa ganja kering secara melawan hukum atau penyeludupan di pelabuhan ferry internasional Tanjung Balai Karimun atau mengimpor Narkotika Golongan I sebagaimana dimaksud pasal 113 ayat 1 undang- undang no 35 tahun 2–0 tentang narkotika.

 

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva