Kantor Digeledah, Mantan Kadinsos Karimun Ditetapkan Jadi Tersangka

Karimun, beritakarimun.com – Akibat diduga melakukan penyelewengan terhadap uang Negara sebanyak 3 Miliar, mantan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Indra Gunawan ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyalahgunaan dana kegiatan administrasi umum di tahun 2014-2016 oleh Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Karimun, Selasa (1/8).

Kasatreskrim Polres Karimun, AKP Dwihatmoko Wiraseno mengaku telah melakukan penggeledahan bahkan penyitaan terhadap barang bukti di Dinas Sosial serta di rumah milik tersangka.

“Kita yang didampingi oleh pers Sipropam Polres Karimun telah melakukan Kegiatan Penggeledahan dan Penyitaan terhadap barang bukti dari rumah tersangka dan Kantor Dinas Sosial sekira pukul 10.00 Wib, mantan Kepala Dinas Sosial sudah kita tetapkan sebagai tersangka pada Juli lalu. Dari penggeledahan tersebut kita mengamankan barang bukti berupa mobil merk Honda, BPKB serta dokumen yang berkaitan dengan adum 2014-2016.” ungkap Dwihatmoko.

Menurut Dwihatmoko, pria yang sekarang menjabat sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Karimun itu diduga mempergunakan anggaran untuk keperluan pribadi seperti membeli mobil serta membayar angsuran kredit di Bank.

“Tersangka melakukan manipulasi SPJ ( surat pertanggung jawaban ) belanja anggaran secara Fiktif, dimana uang yang telah didapatkan dipergunakan untuk keperluan pribadi. Estimasi kerugian negara atas tindakan yang dilakukan oleh tersangka sekitar Rp 3 miliar.” ujar Dwi.

Dwi menambahkan, pihaknya juga sudah memanggil puluhan saksi dalam kasus dugaan korupsi tersebut.

“Saksi-saksi yang kita periksa sebanyak 23 orang, saksi yang kita mintai keterangan merupakan pegawai dan pejabat di Dinas Sosial yang pernah menjabat di masa kepemimpinan tersangka. Dalam hal ini, tersangka telah melanggar Pasal 2 dan atau pasal 3 18 UU No. 31 tahun 1999 yang telah di ubah menjadi UU No. 20 tahun 2001 tentang tindak pidana korupsi.” tutup Dwi.

 

 

 

 

 

Reporter : Nichita Bella
Editor      : Codet Carladiva