Pelabuhan Tanjung Balai karimun Urutan Nomor 2 Pelabuhan Tersibuk Se Indonesia

Karimun,beritakarimun.com – Kementrian Perhubungan dan Pelabuhan menunjuk Pelabuhan Tanjung Balai Karimun sebagai pelabuhan tersibuk di posisi kedua setelah Batam dari 52 pelabuhan yang ada di Indonesia pada arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah pada tahun 2017.

Kepala Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Balai Karimun Letkol (Mar) Eko Priyo Handoyo mengatakan, pada saat arus mudik dan arus balik lebaran Idul Fitri 1438H Pelabuhan Karimun tercatat diperingkat dua tersibuk setelah batam.

“Untuk pelabuhan Karimun tercatat diposisi ke 2 tersibuk saat arus mudik lebaran dan balik lebaran dari 52 Pelabuhan di Indonesia yang dipilih oleh Kementrian Perhubungan Sementara Pelabuhan Batam di Posisi pertama,” ujar Eko kepada awak media.

Berdasarkan data yang diperoleh oleh Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kelas II Tanjung Balai Karimun terdapat 148,780 orang yang telah turun melalui pelabuhan Karimun, dan sekitar 146,329 orang yang naik melalui pelabuhan Karimun tersebut. Dari data yang diperoleh tersebut mengalami kenaikan dibandingkan pada tahun 2016 lalu.

Ia menambahkan kenaikan jumlah penumpang pada tahun 2017 cukup tinggi sekitar 8,90 persen sedangkan penumpang yang turun hanya sekitar 0,01 persen saja.

“Untuk tahun ini terjadi kenaikan cukup tinggi terhadap penumpang naik di Pelabuhan Domestik Karimun 8,90 persen, sementara penumpang turun hanya 0,01 persen berdasarkan data yang diperolah selama arus mudik dan balik,” ujarnya lagi

Terkait pengamanan ketika arus mudik dan balik tahun 2017, pihaknya tidak menemukan adanya kejadian ataupun pelanggaran apapun,hal tersebut dikarenakan pencapaian tersebut disebabkan oleh koordinasi dan kerjasama yang baik dengan beberapa instansi sehingga pelabuhan aman terkendali dan kondusif.

 

 

 

 

 

Reporter : Putri Permata Sari
Editor      : Codet Carladiva