Tabrak Lari di Laut, Tiga Nelayan Karimun Luka-Luka

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Sebuah kapal nelayan asal Moro yang sedang mengangkat jaring ikan, tenggelam akibat ditabrak lari oleh sebuah kapal tugboat tanpa nama sehingga tiga orang nelayan mengalami luka-luka, kejadian tersebut terjadi di sekitar perairan Takong Hiu, Kecamatan Tebing, Selasa (11/7) sekitar pukul 03.05 WIB dinihari.

“Kami mendapat informasi kalau kapal tugboat menabrak kapal nelayan yang tengah lego jangkar. Informasi itu kami peroleh dari nelayan yang kebetulan berada di lokasi kejadian. Begitu sampai di lokasi, nelayan tersebut sudah dievakuasi oleh kapal kargo kayu yang melintas disitu. Korban kemudian dievakuasi untuk mendapatkan pertolongan,” ungkap Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Totok Irianto melalui Danposal Takong Hiu Lettu (P) Himawan Pratikno, Selasa (11/7)

Menurut Himawan, sebelum mendapatkan pertolongan, ke tiga nelayan tersebut sudah mengapung di laut selama 7 jam. Untung saja, kapal kayu milik mereka belum tenggelam sepenuhnya, sehingga mereka bisa memanfaatkan kapal tersebut untuk bertahan sembari berharap ada yang memberikan pertolongan.

“Saat lego jangkar sambil menunggu untuk mengangkat jaring. Tiba-tiba saja kami melihat kapal tugboat mendekat. Makin lama mereka makin mengarah ke kami. Saya langsung memutus tali jangkar. Kemudian berusaha menghidupkan mesin kapal, namun mesin itu tak kunjung hidup,” ungkap Ifin yang merupakan Nahkoda kapal nelayan tersebut di Kantor Kesehatan Mako Lanal Tanjungbalai Karimun.

Ifin juga mengatakan, hanya dalam hitungan menit saja kapal tugboat yang berhasil melarikan diri tersebut menghantam badan kapal nelayan hingga tenggelam.

“Kita bingung, entah mengapa mereka menabrak kapal kita, dengan waktu yang singkat, dalam hitungan menit kapal tersebut langsung menabrak kita, kita berusaha menyelamatkan diri dengan harapan kru kapal tugboat tersebut dapat memberi pertolongan kepada kita. Tapi ternyata mereka malah tidak perduli dan kabur meninggalkan kita.” ujar Ifin.

Pada saat mereka terabaikan mengapung di tengah laut, datang kapal kargo kayu yang melintasi perairan itu. Nelayan tersebut kemudian dievakuasi menggunakan kapal kayu tersebut ke Pasir Panjang. Mereka yang mengalami luka ringan kemudian mendapat pertolongan medis di Mako Lanal Karimun.

Reporter   : Nichita Bella
Editor        : Codet Carladiva