Inilah Pesan Tegas Kadisdik Untuk Seluruh Sekolah Yang Ada di Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun, Bakri Hasyim mengimbau kepada sekolah-sekolah agar tidak melanggar peraturan Pemerintah Pusat maupun Daerah yang tercantum dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Republik Indonesia tentang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Dengan adanya peraturan baru yang dibuat oleh Mendikbud RI tentang PPDB tahun 2017 dengan kuota yang telah ditentukan dengan jalur zonasi,jalur prestasi serta jalur khusus,membuat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Karimun Bakri Hasyim menghimbau kepada sekolah-sekolah yang ada di Karimun untuk mengikuti peraturan yang telah berlaku.

“Memang hingga saat ini, setelah dilakukan pengecekan dari hari ke hari mulai dari  pembukaan pendaftaran calon siswa baru hingga saat ini, belum kita temukan adanya sekolah-sekolah yang melanggar. artinya hingga saat ini, PPBD masih berjalan dengan baik.” ungkap Bakri,Kamis (6/7)

Bakri mengatakan, meski belum ada temuan pelanggaran, namun ia tetap selalu mengingatkan agar seluruh sekolah tidak beretikat melanggar peraturan yang telah dibuat dengan baik oleh pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

“Jika ada sekolah yang melanggar peraturan yang telah ditetapkan tersebut, maka akan diberikan sanksi dengan tidak akan mendapatkan tunjangan  sertifikasi dan siswa tidak akan terdaftar sebagai peserta UN, dalam Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tersebut, jika sekolah memaksakan menerima siswa melebihi kuota yang diterapkan, tidak saja sanksi tegas admistratif, tapi sanksi pidana dan tidak akan mendapatkan dana Bantuan Oprasional Sekolah (BOS).” tegas Bakri.

Bakri juga mengatakan, jika ada kedapatan sekolah-sekolah negeri yang menerapkan biaya pendaftaran sekolah, pihaknya juga akan langsung memanggil kepala sekolah yang menjadi penanggung jawab dan menindak tegas, karena untuk pendaftaran peserta didik baru tahun ajaran ini tidak dipungut biaya sedikitpun alias gratis.

Reporter   : Putri Permata Sari
Editor        : Codet Carladiva