Untuk Keselamatan Penumpang, Kapten dan ABK Kapal di Karimun Dites Urine

Karimun, beritakarimun.com – Ciptakan keselamatan penumpang Kapal menjelang Idul Fitri 1438 H. Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karimun melakukan Tes Urin kepada para Nahkoda beserta Anak Buah Kapal (ABK), di ruangan VIP Pelabuhan Domestik Karimun. Selasa (20/6).

Kepala BNN Karimun, Kompol Ahmad Sholeh berharap kepada seluruh Awak Kapal untuk tidak menggunakan Narkoba saat berlayar yang dapat membahayakan para penumpang. Saat digelarnya Tes Urine tersebut, pihaknya baru memeriksa sebanyak 15 awak kapal dan ditemukan 1 orang yang merupakan Kepala Kamar Mesin (KKM) Batam Jet tujuan Dumai, postif mengkonsumsi narkotika jenis sabu.

“Kita harapkan kepada semua nahkoda untuk tidak ada yang menggunakan narkoba, karena efeknya sangat berpengaruh ketika berlayar. Saat ini dari 15 orang yang sudah di tes urine, 1 dari KKM Batam Jet tujuan Dumai, diketahui positif memakai narkoba jenis sabu,” ungkap Sholeh.

Sholeh mengatakan, untuk sementara waktu, pihaknya telah membiarkan salah seorang yang postif menggunakan narkoba tersebut untuk berlayar. Namun identitas seperti KTP telah diserahkan dan akan diproses usai lebaran nantinya.

“Untuk sanksi belum diberikan namun sementara KTP sudah kita tahan, habis lebaran pihak yang bersangkutan akan melapor ke BNNK, sementara kita biarkan dia untuk tetap berlayar,” katanya.

Reporter   : Riandi
Editor        : Codet Carladiva