KSOP Karimun Gelar Apel Gabungan Persiapan Arus Mudik Lebaran

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Dalam rangka menghadapi arus Mudik lebaran tahun 2017, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Balai Karimun menggelar apel gabungan di area pelabuhan Karimun, jalan Yos Sudarso, Kabupaten Karimun, Kamis (8/6).

Apel gabungan bersama instansi terkait seperti, Polisi Pelabuhan, KKP, Imigrasi, Basarnas, Pelindi dan beberapa instansi lainnya, bertujuan memantapkan kordinasi kesiapan menghadapi arus mudik lebaran.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjung Balai Karimun, Letkol (Marinir) Eko Priyo Handoyo memprediksi, untuk lonjakan penumpang tahun ini sekitar 5 hingga 7 persen. Namun lonjakan ini tidak terlalu kelihatan karena adanya libur anak sekolah yang sudah dimulai lebih dulu.

“Kalau tahun kemarin, dari dalam negeri sekitar 117.000, untuk luar negeri 31.000 Ini yang turun atau yang masuk. Sedangkan untuk yang keluar. Dalam negeri 105.504 untuk yang luar negeri 28.861. Namun, untuk tahun 2017 ini diprediksi kenaikan sekitar 5 hingga 7 persen,” ujar Eko saat ditemui beritakarimun.com.

Eko menambahkan, dari masing-masing penyedia jasa pelayaran hanya 1 kapal. Untuk kelayakan kapal tersebut, Eko menyebutkan, pihaknya sudah mengecek dan masih layak untuk berlayar.

“Untuk dispensasi mungkin tidak ada, karena sudah sesuai dengan kapasitas muatan kapal yang sudah di tentukan. Namun apabila terjadi pelanggaaran melebihi kapasitas, mungkin kita tidak akan keberangkatkan kapalnya,” ujarnya.

Dalam hal ini, Eko juga menghimbau kepada, baik penyedia jasa, maupun para penumpang yang hendak melakukan mudik.

“Saya berharap, untuk kepada penyedia jasa utamakan keselamatan, jangan hanya ingin mengejar keuntungan, materi tapi mengabaikan keselamatan manusia. Untuk penumpang, kalau memang kapal itu penuh dan tidak bisa dinaiki lagi, jangan memaksakan diri,” tutupnya.

Reporter   : Riandi
Editor        : Codet Carladiva