Kanwil DJBC Kepri Hibah Ribuan Air Kaleng dan Sembako Kepada Masyarakat Karimun

Karimun, beritakarimun.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Bea Cukai (DJBC) Khusus Kepri, melakukan hibah sembako serta minuman kaleng secara besar-besaran kepada masyarakat melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Karimun, Jum’at (9/6).

Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Parjiya dalam sambutannya menyampaikan, dalam melakukan hibah yang secara besar-besaran ini juga tentunya tidak asal-asalan. Semua sudah melalui prosedur yang berlaku.

“Benda Sitaan Negara atau Barang Bukti dan Barang milik Negara yang kita hibahkan kepada masyarakat Kabupaten Karimun ini, tidak semata-mata langsug dihibahkan, tentunya terlebih dahulu ada suatu proses hukum yang sudah kita lalui, sehingga kalau ini hibah atas benda  sitaan maka kami sudah mengantongi persetujuan dari Ketua Pengadilan. Kalau hibah berupa Barang Milik Negara (BMN) tentu kami sudah mengantongi ijin dari Menteri Keuangan dalam hal ini dilimpahkan kewenangan nya kepada Kepala Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Batam. Hal ini bertujuan agar niat baik yang kami lakukan bisa berjalan dengan semestinya.” ungkap Parjiya.

Parjiya juga mengatakan, kegiatan hibah ini sengaja ditujukan kepada Pemerintah Daerah yang mana diharapkan dapat membantu mendistribusikan kepada masyarakat Kabupaten Karimun yang kurang mampu.

“Kita menyerahkan barang yang akan kita hibahkan kepada Pemerintah Daerah, dengan harapan Pemerintah Daerah dapat membantu mendistribusikan kepada masyarakat yang sekiranya layak untuk mendapatkan bantuan. Kita menyediakan gudang kita untuk menjadi tempat memaketkan barang-barang yang akan didistribusikan sehingga tidak sulit dan tidak membuang tenaga jika harus dipindahkan terlebih dahulu.” ujar Parjiya.

Parjiya juga mengatakan, ada beberapa macam sembako yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat nantinya, apalagi untuk menyambut hari raya idul fitri, menurutnya sembako yang diberikan sangat cocok dan tepat.

“Ini luar biasa, jumlahnya banyak dari beberapa kali penindakan. Berbagai macam yang kita hibahkan kali ini seperti 3900 kes Minuman Kaleng yang cocok diperdayakan untuk hari raya, 100 karung gula pasir seberat 50 kg per karung, 200 karung Cabe Kering seberat 9 kg per karung, 582 karton minyak goreng yang berisi 5 botol perkarton dengan berat 5 liter per botol. Serta masih banyak lagi barang-barang seperti tepung terigu kecap asin, Sarden Kaleng serta makanan ringan lainnya.” jelas Parjiya.

Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim yang hadir dalam penyerahan hibah tersebut menyambut baik atas pemberian hibah yang dilakukan pihak Kanwil BC Kepri untuk masyarakat Kabupaten Karimun.

“Tentunya kita sangat merasa bahagia dan sangat bangga memiliki Kepala Kanwil yang jiwa sosialnya luar biasa, ini bukan pertama kalinya pak Kanwil mengibahkan barang hasil tangkapan ke masyarakat Kabupaten Karimun, bahkan tak hanya Kabupaten Karimun, Kabupaten lainnya juga pernah merasakan hal yang sama. Mudah mudahan dengan niat ikhlas dan baik ini semoga dapat tersalur dengan baik. Kita akan berupaya melakukan pendistribusian secepat mungkin dan tepat sasaran, kita akan percayakan kepada Dinas Sosial untuk mengatur ini semua. Semoga niat baik dari Kanwil DJBC khusus Kepri dapat membantu mengurangi beban masyarakat kabupaten Karimun yang membutuhkan, terlebih menghadapi hari raya yang sebentar lagi akan tiba.”ujar Anwar.

Reporter   : Nichita Bella
Editor        : Codet Carladiva