Bupati Karimun Pastikan Ketersediaan Sembako Terkendali

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Malam Safari Ramadhan di Masjid Sabilul Mutaqiin, Selasa (30/5) di Desa Sawang Selatan, Kecamatan Kundur Utara. Bupati Karimun, Aunur Rafiq menyampaikan, untuk ketersedian Sembako di bulan suci Ramadhan masih dalam keadaan stabil dan masyarakat untuk tidak panik.

“Dari persediaan sembako di Karimun, insya allah akan cukup terbagikan. Saya juga sudah berkoordinasi bersama disperindag dan instansi vertikal lainnya dan telah memantau bawha harga sembako masih stabil. Insyaallah listrik di Kundur masih aman, begitu juga air, apalagi belakangan sering terjadi hujan,” kata Rafiq.

Dalam kesempatan tersebut, Rafiq mengatakan, dari Kementerian Pertanian pusat telah datang ke Karimun khususnya di pulau kundur dan melihat potensi perkembangan disektor pertanian.

“Kemarin sudah turun tim dari kementrian pertanian di karimun dan turun disini. Mereka melihat di pulau kundur ini  memiliki potensi untuk pengembangan seperti tanaman sayur-sayuran berupa buncis, kacang panjang dan sayur hijau lainnya. Begitu juga dengan pengembangan tanaman seperti jagung, bawang dan tanaman dataran rendah,” ujarnya.

Rafiq menyebutkan, Kementerian Pertanian tersebut juga telah memiliki izin importir dan sudah belakukannya di pulau Jawa untuk dibawa ke Negara Singapura.

“Dari kementrian pertanian ada juga inportir yang telah memiliki izin dan mereka sudah melakukannya di pulau jawa dan di bawa ke singapura. Oleh karena itu, mereka telah mendapatkan rekiomendasi untuk daerah perbatasan termasuk karimun, lingga dan bintan yang telah memiliki dan mampu melaksanakan expor khususnya ketahanan pangan di tempat kita,” ungkap Rafiq.

Dalam hal ini, orang no satu di Bumi Berazam itupun sudah mempersiapkan diantaranya Pulau Kundur, Pulau Karimun, Pulau Buru dan Pulau Belat.

“Kita sudah menyiapkan pulau kundur dan pulau karimun. Kita juga mendorong salah satu pulau adalah pulau buru dan belat. Dalam hal ini, untuk tanaman Hortikultura, kita sudah ada kelompok-kelompok masyarakat, yang jelas untuk jagung 500 hektar mereka akan bantu dan dalam dua hari kedepan mereka juga akan mengirimkan alat berat traktor dari pemerintah pusat kepada kita. Termasuk juga di pualau kundur ini nanas, menjadi prioritas untuk expor dan itu akan dilakukan akhir tahun,” tutupnya.

Reporter   : Riandi
Editor        : Codet Carladiva