Bea dan Cukai Batam Sikat Ribuan Rokok dan Miras Illegal

sebarkan:

Batam, beritakarimun.com – Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tipe B Batam menggelar operasi Patuh Ampadan-I di berbagai toko di wilayah pengawasan Bea Cukai Kota Batam.

Operasi Patuh Ampadan-I bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan pengusaha Barang Kena Cukai (BKC) hasil tembakau dan membersihkan atau menekan peredaran BKC hasil tembakau ilegal.

Operasi ini diharapkan agar peredaran Barang Kena cukai hasil tembakau menjadi kondusif karena telah memenuhi ketentuan perundang-undangan di bidang cukai.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Layanan Informasi (BKLI) Bea dan Cukai Tipe-B Batam Raden Evy Suhartantyo mengatakan,operasi ini dilakukan secara serentak dan terpadu dilakukan di seluruh wilayah Indonesia dan khususnya di wilayah pengawasan KPU BC Batam yang di mulai sejak 17 Mei 2017 hingga 10 juni 2017 mendatang.

” Operasi Patuh Ampadan-I dilaksanakan untuk mengoptimalkan penerimaan cukai hasil tembakau.Selain itu operasi ini untuk menurunkan tingkat peredaran rokok ilegal “Ujar Evy.

Dengan adanya Operasi Patuh Ampadan-I,para pengusaha barang kena cukai diharapkan semakin patuh dan ikut menghindari peredaran rokok hasil tembakau illegal.

Evy juga mengatakan, dari hasil penindakan operasi patuh Ampadan-I hari ini(30/5) telah menyita ribuan kardus rokok illegal dan minuman keras yang beredar di sejumlah toko di wilayah kota Batam.

“Sasaran Operasi Patuh Ampadan-I di wilayah Free Trade Zone (FTZ) dengan sasaran untuk barang kena cukai yang tidak ada kuota,dan barang kena cukai yang memiliki kuota,namun belum pernah diajukan CKFTZ ,selain itu barang kena cukai illegal terkait pita palsu dan barang kena cukai yang keluar dari FTZ Batam tanpa dokumen resmi “Ujar Evy.

Dari Hasil operasi yang di gelar hari ini sebanyak ribuan dus rokok illegal dan ratusan dus minuman berakohol di bawa ke kantor bea dan cukai batam di batu ampar,untuk dilakukan proses penindakan lebih lanjut “tutup Evy.

Reporter   : Codet Carladiva