Dokter Karimun Dorong Masyarakat Perbanyak Makan Ikan,Sayur dan Buah

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Mega bakti sosial Ikatan Dokter Indonesi (IDI) Cabang Karimun menggelar hari bakti Indonesia ke-109 tahun tahun 2017 dengan tema Berdaulat Dengan Rakyat, di Coastal Area, Minggu (20/5)

Ketua panitia pelaksana IDI, Erwin Widyanto mengatakan, selain rangkaian kegiatan penyuluhan, pembangunan, pemberian bantuan dan pembentukan dokter kecil. Ikatan Dokter Indonesia Cabang Karimun ini juga menggalakan gerakan makan ikan, sayur dan buah-buahan serta pengukuran berat dan tinggi badan.

“Acara tersebut serentak dilaksanakan oleh IDI Se-indonesia pada, Sabtu (20/5). Namun di Karimun acara puncaknya kita laksanakan pada hari ini, Minggu (21/5) dengan menggalakan masyarakat hidup sehat untuk memakan makanan bergizi seperti ikan, sayur dan buah-buahan. Sebelumnya kita juga sudah melaksanakan kegiatan penyuluhan dan memberi bantuan serta membentuk dokter kecil,” kata Erwin.

Baca Juga: Di Hari Bakti Dokter Indonesia, Inilah Yang Dilakukan IDI Karimun

Sementara itu, Ketua IDI Karimun, Firmansya menjelaskan, gagasan menggalakan masyarakat untuk hidup sehat dengan memakan makanan bergizi tersebut adalah program dari pemerintah melalui dinas kesehatan yang lebih dikenal dengan Germas.

“Dengan adanya ikan, sayur dan buah-buahan seperti itu akan tercukupi lah gizinya. Ini salah satu perilaku hidup sehat. Karena sekarangkan lebih banyak hobinya makan makanan seperti chiken langsung santap, jadi disitu kurang terpenuhi vitamin, kemudian mineralnya dan gizi yang lainnya. Program ini sudah digalakan pemerintah melalui dinas kesehatan. Oleh karena itu masyarakat di anjurkanlah dengan makan makanan seperti itu,” ujarnya.

Firmansyah menambahkan, tujuan dilaksanakan acara tersebut adalah sebagai wujud nyata bakti dokter Indonesia kepada masyarakat diberbagai komunitas dalam upaya mendukung serta mempromosikan kesehatan dan pencegahan penyakit.

“Kita sampaikan ke masyarakat bahwa mencegah daripada sakit itu lebih penting daripada mengobati, sehingga kita melakukan upaya diantaranya dengan cara hidup bersih dan sehat yang merupakan program dari dinas kesehatan atau menteri kesehatan,” tutupnya.

Reporter   : Riandi
Editor        : Codet Carladiva