Gunung Jantan Karimun Selalu Jadi Pilihan Wisata Akhir Pekan

Karimun, beritakarimun.com – Jika ingin berwisata sambil berolahraga, Kabupaten Karimun Provinsi Kepulauan Riau memiliki objek wisata yang cukup ekstrem dan sangat mempesona. Jika belum mencoba, tentu belum tahu kenikmatan suasananya. Gunung Jantan Desa Pongkar Kecamatan Tebing merupakan objek wisata yang luar biasa keindahannya.

Gunung Jantan Desa Pongkar Kecamatan Tebing Kabupaten Karimun Kepulauan Riau, yang dikenal sangat mempesona, kerap menjadi tujuan pendakian bagi pecinta olahraga tersebut. Salah satu objek wisata di Karimun itu  tak hanya sering dikunjungi oleh masyarakat Karimun Saja, bahkan dari luar Kota hingga luar Negeri pun berbondong-bondong menikmati indahnya suasana di puncak Gunung tersebut.

Salah seorang pendaki asal Karimun  Meli yang ditemui bersama keluarga dan rekan kerjanya saat mendaki Gunung Jantan, Sabtu (20/5) mengatakan, ia sengaja  berniat mendaki gunung karena ajakan putri sematawayangnya bernama Dinda yang baru dukuk di bangku kelas 1 SDS Cahaya, awalnya ia sangat tidak yakin bahwa anaknya bisa, namun ternyata putrinya mampu mendaki gunung  dengan ketiggian 1.178 meter dari permukaan laut (mdpl) .

“Sudah sejak lama putri saya merengek mengajak untuk mendaki Gunung Jantan yang dikenal begitu indah pemandangannya. Awalnya saya ragu, takut putri saya tidak mampu mendaki, karena belum pernah melakukan aktivitas pendakian setinggi itu. Tapi ternyata, dia sangat bersemangat mendaki hingga ke puncak gunung tanpa terdengar rengekan mengeluh sedikitpun.” ungkap Meli.

Sebagai jiwa pendaki, Meli yang sudah sangat sering mendaki gunung baik di dalam maupun di luar Karimun mengaku tertegun menikmati indahnya pemandangan di Gunung Jantan Karimun.

“Dari zaman masih sekolah, saya sangat senang mendaki gunung, saking seringnya mendaki gunung, saya mendapatkan suami yang juga gemar mendaki gunung. Namun diantara gunung-gunung yang kami pernah daki, Gunung Jantan Ini benar-benar sangat menenangkan hati. Puncak Gunung Jantan memiliki pesona yang luar biasa indah. Di atas puncak gunung tersebut, terdapat sebuah tower tua milik Bea Cukai. Tower itu berdiri diatas gugusan batu granit. Di bawah tower tersebut terdapat bongkahan batu granit yang cukup besar. Di atas batu itulah, biasanya para pendaki mengabadikan keindahan alam Karimun.” ujar Meli.

Tidak sedikit para pengunjung yang tergiur dengan pemandangan dari atas puncak Gunung Jantan Kabupaten Karimun, dari puncak akan terlihat hamparan laut nan membiru. Disana, para pendaki juga akan melihat banyaknya kapal-kapal tanker ukuran jumbo yang sedang labuh jangkar di Selat Malaka. Diantara hamparan laut, juga terlihat Pulau Karimun Anak yang berada di Desa Pongkar Kecamatan Tebing.

Bukan hanya keasrian hutan yang dapat dirasakan selama pendakian ke Gunung Jantan. Banyak pesona lain yang bisa ditemukan di objek wisata ini. Beberapa flora dan fauna masih terjaga dengan baik disana, Keindahan lain yang tak kalah menarik di daerah itu adalah air terjun Desa Pongkar yang berada persis di kaki Gunung Jantan. Bagi para pendaki yang lelah melakukan pendakian, biasanya memanjakan diri sambil berendam di kolam air terjun tersebut yang berasal dari mata air pegunungan.

Reporter   : Nichita Bella
Editor        : Codet Carladiva