Inilah Progres Tol Pekanbaru-Dumai 131 Km

sebarkan:

Riau, beritakarimun.com – Pembebasan lahan salah satu ruas tol Trans Sumatera, Pekanbaru-Dumai, sepanjang 131 km mencapai 48%. Capaian ini termasuk kemajuan lantaran seluruh seksi kini telah ada lahan yang dibebaskan.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), seksi III sepanjang 17 km yang menghubungkan Petapahan hingga Kandis Utara menjadi perkembangan yang paling besar progres pengadaan lahannya, yakni 80%. Disusul oleh seksi I yang menghubungkan Pekanbaru-Minas sepanjang 9,5 km sebesar 78%. Ruas Pekanbaru-Dumai adalah salah satu yang terpanjang dalam tol Trans Sumatera.

Kemudian seksi VI Duri Utara-Dumai sepanjang 25 km sebesar 45%, seksi II Minas-Petapahan 24 km sebesar 37%, dan seksi V Duri Selatan-Duri Utara sepanjang 28 km sebesar 36%. Sedangkan seksi yang paling kecil pengadaan lahannya adalah yang menyambungkan Kandis dan Duri Selatan sepanjang 26 km, yang baru mencapai 12%.

“Konstruksi sekarang baru ada di seksi I dan II. Tapi pekerjaannya masih clearing, baru survei detail untuk investigasi tanah,” Ujar Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna ditemui melalui via whatsapp, sabtu (13/5).

Konstruksi yang tak terlalu besar menurut dia lantaran pengadaan lahan yang masih belum bebas. Sehingga menghambat keleluasaan untuk bekerja.

“Memang kendalanya di tanah. Tapi di ujung dekat Pekanbaru kan besar. Tanahnya sendiri memang belum, jadi kurang leluasa untuk bekerja,” tutur Herry.

Seperti diketahui, jalan tol Pekanbaru–Dumai merupakan salah satu bagian dari rencana pemerintah dalam pembangunan jalan tol Trans Sumatera. Jalan tol di Riau itu dibagi dalam enam seksi. Seksi pertama merupakan pintu tol di Kota Pekanbaru yang akan menghubungkan Pekanbaru–Minas.

Seksi II Minas–Kandis Selatan dan Seksi III dari Kandis Selatan–Kandis Utara. Seksi IV, Kandis Utara–Duri Selatan, Seksi V Duri Selatan–Duri Utara dan seksi VI dari Duri Utara menuju Dumai dengan rencana kelanjutan menuju wilayah Sumatera Utara.

Reporter : Hidayat Tanjung
Editor      : Codet Carladiva