Bupati Karimun dan Menteri Amran Bahas Soal Pangan Karimun

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Kementerian Pertanian menyiapkan sejumlah program untuk membangun ketahanan pangan di daerah perbatasan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.

“Dalam rapat dua hari di Jakarta, pertama dengan Dirjen Hortikultura, dan hari kedua dengan Menteri Pertanian. Karimun diprogramkan sebagai daerah ketahanan pangan, sekaligus daerah pengekspor pangan di perbatasan,” Ujar Bupati Karimun Aunur Rafiq yang dilansir antara kepri, rabu (10/5)

Aunur Rafiq menjelaskan, Menteri pada pertemuan tersebut menanyakan potensi pertanian yang dimiliki Kabupaten Karimun sebagai bagian dari upaya mewujudkan swasembada pangan.

“Kepada menteri saya sampaikan, Karimun tidak bisa untuk cetak sawah dalam jumlah besar karena terdiri dari pulau-pulau, tetapi bisa untuk tanaman hortikultur seperti jagung, bawang dan sayur-sayuran,” Ujar Rafiq.

Dalam rakor, menurut rafiq, menteri meminta pemerintah daerah menyiapkan lahan sekitar 500 hektare untuk penanaman jagung dan bawang 300 sampai 500 hektare, dan lahan untuk komoditas lainnya.

Menurut rafiq, Kementerian Pertanian, pada pekan depan akan menurunkan tim untuk melihat komoditas yang cocok untuk dikembangkan di Karimun.

“Mereka juga akan membawa eksportir yang memiliki kerja sama dengan kementerian, sehingga nantinya kita bisa ekspor keluar,” Ungkap Rafiq.

Program ketahanan pangan yang disiapkan Kementerian Pertanian itu, menurut rafiq, sangat membantu pemerintah daerah, setidaknya hasil panen dapat memenuhi kebutuhan lokal.

“Kami tidak bicara ekspor dulu lah, yang penting kebutuhan lokal terpenuhi, baru bicara keluar,” ujarnya.

Orang nomor satu di Karimun tersebut mengatakan, selama ini pemerintah daerah terkendala pemasaran hasil pertanian. Karena itu, kehadiran eksportir yang bekerja sama dengan Kementerian Pertanian diharapkan dapat membantu pemasaran hasil panen.

Kementerian Pertanian juga akan membantu peralatan pertanian seperti traktor dan peralatan lainnya untuk mendorong terwujudnya program ketahanan pangan di Karimun.

Mengenai lahan, dia menjelaskan tidak hanya di Pulau Kundur yang memang diproyeksikan sebagai pusat pertanian, tetapi juga di pulau lain, antara lain Pulau Karimun Besar seperti di kawasan Guntung Punak, Pulau Buru, Pulau Gunung Papan, Tanjungbatu Kecil dan Pulau Belat.

Editor        : Codet Carladiva