Pendidik Dan Peserta Didik Karimun Ditantang Hadapi Era Teknologi Canggih

sebarkan:

Karimun, beritakarimun.com – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Muhadjir Effendy menerapkan Tema Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2017 yaitu Percepat Pendidikan yang Merata dan Berkualitas, Tema tersebut terkait erat dengan fenomena dunia yang berubah sangat cepat dan menuntut kualitas semakin tinggi. Amanat Menteri tersebut dibacakan oleh Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim saat menjadi pembina upacara pada peringatan Hardiknas di halaman Kantor Pemkab Karimun, Selasa(2/5).

“Pada peringatan Hardiknas ini, tentunya memberi kesempatan kepada seluruh para pendidik agar tidak lupa dengan sosok Ki Hajar Dewantara yang dimana tanggal lahir beliau disepakati sebagai peringatan Hardiknas, karena sosoknya sebagai Bapak Pendidikan Nasional yang awal merintis memang sangat besar, baik berupa gagasan, pemikiran, maupun terawang masa depan. Sehingga gagasan dan pemikiran beliau tetap terus relevan dan menjadi acuan bagi Pembangunan Pendidikan Nasional Kita.” ungkap Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim.

Anwar Hasyim juga mengajak para pendidik untuk menghayati konsep pada saat kepemimpinan pendidikan Ki Hajar Dewantara yang disebut konsep “Laku Telu”. Sesuai dengan amanat yang diamanahkan oleh menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang dibacakannya saat upacara berlangsung.

“Konsep Laku Telu atau tiga peran yang bermakna apabila di depan memberi teladan, apabila di tengah memberi ilham (inspirasi) dan apabila di belakang memberi dorongan. Konsep ini perlu dihayati kembali oleh para pendidik, pada saat mana dunia pendidikan mengalami krisis keteladanan dan praktek pendidikan tidak lagi menginspirasi. sementara dorongan dari arah belakang dari kepemimpinan pendidikan tidak disertai pemberian arah dan haluan untuk peserta didiknya.” jelas Anwar Hasyim saat membacakan amanat menteri itu.

Anwar berharap, pada peringatan Hardiknas ini, kedepan generasi penerus bangsa juga harus siap trampil dan berkualitas dan sesuai dengan lingkungan sekolah yang sudah dihadapkan dengan kemajuan teknologi.

“Saya berharap generasi kita harus menjadi generasi yang siap, harus menjadi generasi yang terampil, dan harus menjadi generasi yang berkualitas. Jadi tidak ada lagi istilah lebih banyak main dari pada belajar. Para pendidik juga harus dapat menyesuaikan kemajuan teknologi yang sudah semakin maju, sehingga anak-anak Karimun dapat menjadi anak-anak yang mudah menguasai kemampuan pendidikan yang semakin maju dan bisa bersaing dengan pelajar luar Karimun sehingga dapat membanggakan Kabupaten Karimun tentunya.” tutup Anwar Hasyim.

Reporter   : Nichita Bella
Editor     : Codet Carladiva