SMA Negeri 4 Karimun Gelar Festival Film

Karimun, beritakarimun.com – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Karimun melalui Osis Bhadrika Jayasri, mengadakan sebuah Festival film berdurasi pendek dengan tema “Sekolahku Inspirasiku”.

Dalam hal ini selaku pembina dalam Festival Film itu, Arimbi Oktavina menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mengembangkan minat, bakat serta menambah pengetahuan siswa dibidang perfileman. Kemudian, mengembalikan tradisi Festival Film SMA Negeri 4 Karimun dan sebagai ajang penyeleksian dalam ajang FLS2N Cabang Film.

“Sejak tahun 2004 dan 2012 SMA Negeri 4 Karimun sudah pernah membuat Festival seperti ini. Di tahun 2017 ini, melalui Osis Bhadrika Jayasri, kita kembali membuat Festival Film berdurasi 5 – 15 menit. Melihat saat ini jaman teknologi yang semakin canggih, tujuan kegiatan ini adalah agar siswa kita mengetahui dunia perfileman dan mengenal serta mengoperasikan kamera dan lain sebagainya,” kata Arimbi.

Arimbi menyebutkan, untuk kriteria isi film dalam Festival tersebut adalah film yang mengandung imbauan, seruan dan solusi sesuai dengan tema yang diperlombakan. Film yang berdurasi pendek tersebut harus menyajikan suatu obyek, baik berupa tokoh yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang terjadi sehari-hari dilingkungan sekolah.

“Tema yang kita angkat adalah Sekolahku Inspirasiku. Tentang tokoh inspiratif di sekolah yang memiliki dedikasi dan memberi pengaruh dalam menciptakan hal-hal positif dilingkungan sekolah,” ujarnya.

Sementara itu, panitia penyelenggara festival Nurizko menambahkan, Festival Film yang berdurasi 5 hingga 15 menit ini diikuti oleh 10 kelas SMA Negeri 4 Karimun. Film yang diperlombakan harus menarik, sesuai dengan tema. Dalam bentuk drama atau cerita yang menyajikan konflik.

“Kegiatan ini sudah diikuti 10 kelas atau group. Untuk penilaiannya banyak kriterianya. Disini juga ada penilaian buat aktor terbaik, editing terbaik, ide cerita film terbaik dan lain sebagainya. Untuk para pemenang nantinya akan diberikan piala, piagam dan uang tunai,” Ujar Riko.

Reporter : Riandi